4 Perusahaan Ini Temukan Cadangan Emas Luar Biasa Besar di Papua

Kementerian ESDM mengungkapkan, setidaknya ada 4 perusahaan yang mendapatkan cadangan emas yang jumlahnya cukup besar di Papua. Namun, semuanya terkendala status hutan lindung.

“Ada sekitar 4 perusahaan, baik Kontrak Karya dan Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Papua mendapatkan cadangan emas yang luar biasa,” ujar Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM R Sukhyar, ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (23/12/2014).

Sukhyar mengatakan, 4 perusahaan tersebut adalah PT. Nabire Bhakti Maining di Kabupaten Paniai, PT Irja Estern di Kabupaten Paniai, dan PT Iriana Mutiara Indenberg di Senggi Kabupaten Keerom, dan PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

“Semuanya sudah eksplorasi, cadangannya luar biasa, itu setara cadangan Newmont di Batu Hijau,” ungkapnya.

Namun, 4 perusahaan tersebut belum dapat mengeksploitasi tambang emasnya, karena status hutan yang dinyatakan sebagai hutan lindung atau konservasi.

“Tapi hutannya statusnya diubah jadi hutan konservasi atau lindung. Itu yang kami minta penjelasan dari Kementerian Lingkungan Hidup. Empat perusahaan itu tidak bisa ngapa-ngapain,” tutupnya.

(sumber: Detik Finance)

(tr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.