5 Taruhan Terbaik Untuk Membeli Emas

Sejak awal sejarah, emas telah menjadi simbol kekayaan universal. Peradaban kuno mendambakan logam sebagai manifestasi status dan kekuatan, karena keindahan dan kelangkaannya. Ornamen, perhiasan dan bentuk awal uang semuanya dibuat dari emas.

Daya tarik emas belum berkurang, selama ribuan tahun. Sementara sebagian besar sistem moneter tidak lagi terikat pada standar emas, namun tetap dipandang sebagai asuransi terhadap mata uang fiat yang mengandalkan kepercayaan, untuk mempertahankan nilai relatif mereka. Emas telah mempertahankan nilai intrinsik karena, tidak seperti mata uang, ia memiliki persediaan terbatas yang tidak dapat ditingkatkan secara artifisial.

Daya tarik emas telah menjadikannya alternatif yang diinginkan bagi mereka yang ingin melakukan diversifikasi dan menyebarkan resiko mereka. Ada banyak cara untuk membeli emas, baik untuk kesenangan maupun sebagai investasi. Bagi banyak orang, emas juga merupakan pelindung nilai terhadap pergolakan ekonomi, perang, inflasi dan ketidakpastian global.

Emas sebagai Investasi
Sebelum membeli emas, penting untuk memahami konsekuensi dari investasi semacam itu:

  • Koin yang baru dicetak biasanya 90-99% emas.
  • Perhiasan biasanya 14k (58%) di Amerika Serikat atau 18k (75%) secara internasional, namun nilai karat lainnya dapat ditemukan hingga 24k murni (100%).
  • Emas tidak memberikan arus pendapatan, kecuali jika Anda memiliki saham atau reksadana yang membayar dividen.
  • Memiliki saham emas tidak memberi hak kepada Anda untuk memiliki logam itu.
  • Anda mungkin dikenakan biaya untuk menyimpan emas fisik.
  • Sementara pasokan saat ini terbatas, karena harga naik, membuat lebih banyak pertambangan layak secara ekonomi, yang dapat meningkatkan pasokan.
  • Permintaan bukanlah fungsi dari kebutuhan “sebenarnya” untuk logam, karena sebagian besar tidak digunakan untuk tujuan komersial apapun, selain perhiasan.
  • Kepemilikan emas terkonsentrasi di sejumlah kecil pemerintah dan bank sentral, menunjukkan emas pada fluktuasi harga yang ekstrim, karena lembaga-lembaga ini membeli dan menjual.

Koin

Koin emas yang tidak diedarkan saat ini dicetak oleh beberapa negara. Meski semuanya legal tender, nilai nominalnya jauh melebihi nilai pelemahannya. Banyak koin numismatik (tertagih) memiliki nilai pasar yang bahkan lebih tinggi. Kolektor tertarik oleh potensi kenaikan nilai, berdasarkan kelangkaan dan permintaan untuk koin yang mereka beli.

24k1

Koin yang baru dicetak mudah untuk dibeli dan kemurniannya dijamin oleh pemerintah yang memproduksinya. Beberapa pilihan populer adalah American Eagle, Canadian Maple Leaf, Krugerrand Afrika Selatan, Vienna Philharmonic, Meksiko Gold 50 Pesos, British Sovereign, Australian Kangaroo and A.S. Mint 24K Gold Buffalo. Beberapa koin ini tersedia dalam berbagai ukuran untuk mengakomodasi investor besar dan kecil. Misalnya, American Eagle dicetak dalam bobot mulai dari 1/10 ons sampai satu ons.

Koin Liberty yang dicetak sebelum tahun 1933 adalah satu-satunya koin yang diproduksi di tujuh percetakan AS yang beroperasi pada saat itu. Minting koin-koin ini berhenti pada tahun itu, ketika Presiden Franklin Roosevelt menandatangani sebuah perintah eksekutif yang meminta emas yang dipegang oleh orang Amerika, hanya membebaskan koin dengan nilai numismatik yang diakui, sebagai tanggapan atas penimbunan emas selama Great Depression.

Banyak investor Amerika lebih memilih koin tua, karena mereka takut pada penyitaan emas oleh pemerintah lain dan menganggap bahwa koin tertagih dapat dikecualikan. $5 Half Eagle dan Eagle $10 adalah koin populer yang tersedia dari dealer koin. $20 Double Eagle mungkin yang paling dikenali dan diinginkan dari koin emas awal. Salah satu yang paling mencolok adalah Saint Gaudens, yang ditugaskan oleh Presiden Theodore Roosevelt dan dirancang oleh pematung terkenal Augustus Saint-Gaudens. Koin tua yang dicetak oleh negara lain, termasuk Inggris Raya, Afrika Selatan, China, Spanyol dan Meksiko, juga merupakan barang koleksi yang menarik.

Bullion atau Bar
Sementara banyak orang menganggap bullion sebagai bar besar yang ada di Fort Knox, bullion sebenarnya mengacu pada berat dan kemurnian emas yang dicap. Bisa berbentuk bar, bulat seperti koin, atau bentuk lain yang mewakili ukuran dan bentuk tradable dan praktis. Harga bullion biasanya termasuk biaya logam, ditambah biaya yang berkaitan dengan penyulingan, pengiriman dan premium dealer.

Gold bars

Bar tersedia dalam berbagai bobot, mulai dari 1 gram. Bar yang berat paling cocok untuk investor besar, karena dapat disimpan dengan efisien di fasilitas yang diasuransikan yang mengkhususkan pada logam mulia. Anda juga menghemat biaya tambahan, saat Anda membeli bar yang lebih berat. Kerugiannya adalah bahwa bar yang besar lebih sulit dan mahal untuk dijual dan mungkin sulit digunakan sebagai barter.

Bar diproduksi oleh beberapa mint pemerintah, dan juga perusahaan swasta, seperti Johnson Matthey, Wall Street Mint, Sunshine Minting, Credit Suisse, Engelhard dan Produits Artistiques de Métaux Précieux (PAMP).

Saham Emas dan Exchange Traded Funds (ETF)
Keuntungan utama saham dan ETF adalah Anda tidak perlu menyimpan logam dan ada potensi untuk menghasilkan dividen. Selain saham pertambangan perorangan, tersedia pula reksa dana yang berinvestasi sebagian, atau eksklusif, di perusahaan pertambangan. Ini bisa memberi diversifikasi ke logam mulia lainnya, seperti platinum, paladium dan perak. Anda juga dapat membeli option kontrak berjangka emas, dengan harga strike yang ditetapkan.

ETF memiliki emas atas nama Anda. Simbol untuk Standard and Poor’s Depository Receipts (SPDR Gold Trust atau “Spider”) adalah GLD. Ini adalah trading intraday seperti saham dan manfaat dari rasio biaya yang relatif rendah. Ada juga komisi broker yang berlaku untuk setiap trading, jadi mereka bukan kandidat yang baik untuk akumulasi bertahap.

Saham emas tidak harus bergerak seiring dengan harga emas, karena perusahaan pertambangan berhasil atau gagal berdasarkan kinerja operasi masing-masing. Anda tidak memiliki keamanan kepemilikan logam fisik, jika perusahaan yang Anda beli tidak berhasil.

Perhiasan
Perhiasan memungkinkan Anda berinvestasi di emas dan menikmati menggunakannya. Hal ini juga dapat dikombinasikan dengan permata dan logam mulia lainnya untuk meningkatkan nilai dan penampilan keseluruhan. Perhiasan dapat diturunkan ke generasi berikutnya, sebagai pusaka keluarga, menambahkan nilai sentimental di luar emas itu sendiri.

24k3

Perhiasan bukanlah pilihan terbaik jika untuk investasi, karena harganya biasanya jauh melebihi nilai meltdown. Hal ini disebabkan oleh pengerjaan yang terlibat dan markup ritel. Selalu tentukan kemurnian emas sebelum membeli perhiasan, sehingga Anda tidak membayar 18k saat Anda hanya mendapatkan 14k.

Perhiasan ditanggung juga oleh kebanyakan polis asuransi rumahan, itu merupakan keuntungan jika emas tersebut hilang atau dicuri.

Vending Machines

24k4GOLD to go ™ ATM machines tersedia di Burj Khalifa di Dubai, menawarkan potongan harga:

  • Bar Emas – 1 gram, 5 gram, 10 gram dan 1 ounce
  • South African Krugerrand – 1/10 ounce, 1/4 ounce and 1 ounce
  • Australian Kangaroo – 1/10 ounce and 1 ounce
  • Canadian Maple Leaf – 1/10 ounce

Jika mesin ini menguntungkan, kemungkinan besar akan berkembang ke negara-negara makmur lainnya.

Catatan Penting
Emas tersedia dari dealer swasta, dealer online, toko perhiasan, toko koin, mint swasta, vending machine dan mint pemerintah. Sebaiknya beli dari sumber terpercaya untuk memastikan bahwa apa yang Anda beli persis seperti yang ditunjukkan.

Meskipun benar bahwa “emas tidak pernah bernilai nol,” ada resiko yang terkait dengan setiap investasi. Lakukan penelitian Anda sendiri dan siapkan diri Anda untuk volatilitas harga pasar komoditas. Kecuali Anda seorang trader berpengalaman, emas harus dipandang sebagai investasi jangka panjang dan safe haven untuk masa depan.

Meningkatnya permintaan dan penawaran terbatas berkontribusi pada kenaikan harga. Namun, kecuali beberapa keperluan industri, seperti komponen elektronik, sebagian besar penjualan emas didorong oleh produksi perhiasan dan permintaan investasi. Bagi kebanyakan orang, emas harus dipandang sebagai cara untuk mencapai diversifikasi portofolio dan menyeimbangkan resiko dengan ekuitas dan investasi berbasis mata uang lainnya.

 

Share
This entry was posted in Arikel emas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*