Analisa Teknikal Untuk Pasar Emas

Emas (atau emas batangan/bullion) telah menjadi landasan bagi generasi investor yang lebih tua, karena “keamanannya” untuk “Depresi berikutnya”. Dengan memiliki emas, para investor ini mempertahankan perasaan aman dan nyaman – siapa yang bisa membantahnya? Diketahui bahwa emosi memainkan peran besar dalam roller coaster pasar emas dan akan menceritakan kisah nyata kegembiraan spekulan emas, penambang, ahli geologi dan yang lainnya di dalam dunia pertambangan saat keluar kabar bahwa ada penemuan emas baru di Kanada, Amerika Serikat, Australia atau Afrika. Pencarian untuk komoditas berkilau ini telah membuat orang miskin menjadi jutawan dan, di sisi lain, telah menghancurkan banyak keluarga kaya.

Disini kita lihat beberapa alat yang digunakan untuk menganalisa saham emas. Para pemain emas membuatnya terlihat lebih mudah daripada menganalisa sektor lain, namun bagi mereka yang tidak percaya diri dengan kemampuan mereka untuk melakukan analisa saham emas, kami juga akan menganalisa harga emas, lihat Indeks Emas CBOE dan AMEX Gold Bugs Index. Sudah lama ada hubungan antara bullion itu sendiri dan saham emas perusahaan yang menambang komoditas berharga itu.

Alat untuk Menganalisa Emas

Dalam bukunya “Technical Analysis Explained” (edisi ketiga, 1991), Martin Pring menjelaskan bahwa seorang investor dapat menganalisa harga emas itu sendiri dengan menggunakan teknik “penentu tren” seperti: perilaku pola harga, moving average (MA) dan perubahan suku bunga. Untuk pergerakan jangka panjang, bisa mengandalkan crossover yang menentukan MA 12 bulan.

Sebagian besar investor lebih memilih untuk memiliki emas dengan cara membeli dari perusahaan pertambangan besar yang telah memberikan keuntungan yang bagus kepada pemegang saham mereka selama bertahun-tahun. Namun, seorang chartist, sebelum menggunakan perusahaan pertambangan, akan memeriksa hubungan emas dengan saham emas dengan cara indeks, seperti yang disebutkan di atas, karena kelompok pertambangan dapat memiliki tambang perak dalam portofolio mereka atau aspek bisnis lainnya yang akan menghilangkan inti dalam menentukan hubungannya dengan emas.

Sifat Pasar

Investor cenderung memimpin pasar ketika membeli saham di perusahaan pertambangan. Ketegangan akan meningkat di daerah yang “panas” secara politik di dunia yang akan mengakibatkan bug emas di salah satu produsen emas terbesar dunia dan membeli saham secepat mungkin – dan berbalik dan menjual posisi mereka saat situasi mereda dan orang-orang di CNN dan MSNBC akan mengatakan kepada kita bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Juga, seiring naik atau turunnya harga emas mungkin memiliki efek dramatis pada apakah tambang merupakan investasi yang layak. Jika biaya penambangan melebihi harga  logam dunia saat ini, tambang akan dipaksa untuk memperlambat produksinya atau menghentikannya tanpa batas waktu sampai harga emas naik cukup tinggi sehingga memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan pada penggalian tertentu.

Pring menulis, “peraturan umum adalah tren yang berlaku diasumsikan masih utuh kecuali jika harga tertinggi atau terendah baru baik pada saham atau bullion tidak dikonfirmasi bersama. Hal ini mengakibatkan perselisihan dan peringatan bahwa tren yang berlaku cenderung akan berbalik. Biasanya, bullion tertinggal dari saham, tapi kadang-kadang saham lah yang lamban untuk berbalik. Bagaimanapun, pembalikan tren bisa diharapkan”. Aturan ini adalah pengetahuan umum; hampir semua analis teknis menyadari hal ini adalah benar dan mengikutinya.

Di bawah ini Anda dapat melihat gambar dari tiga grafik yang dipilih untuk menunjukkan hubungan antara Indeks Emas CBOE, AMEX Gold Bugs Index, dan perusahaan pertambangan Anglogold Ltd. Ads. Investor yang ingin berinvestasi di arena ini akan berhasil menjalankan analisa mereka atas grafik indeks dan pada saat yang bersamaan mereka menghancurkan Newmont Mining, Anglogold dan Barrick Gold.

gold 1 gold 2 gold 3

CBOE Gold IndexSource: Tradestation

gold 2

AMEX Gold Bugs IndexChart menggunakan Tradestation

gold 3

Anglogold Ltd.Source: Tradestation

Kesimpulan

 

Pencarian untuk komoditas berkilau ini telah membuat orang miskin menjadi jutawan dan di sisi lain, telah menghancurkan banyak keluarga kaya. Tidak peduli bagaimana Anda memilih untuk berinvestasi di pasar emas, perhatikan tren yang berlaku di pasar dan emas batangan/bullion.

Ini adalah uang Anda, investasikan dengan bijak – pelajari, mengerti dan eksekusi.

(zou)



Berita Terkait

Share
This entry was posted in Arikel emas. Bookmark the permalink.