Banyak Sentimen Positif, Emas Global Naik 1%

NEW YORK – Emas naik pada hari Kamis, didorong oleh keputusan Bank Sentral Eropa untuk tidak mengambil tindakan segar untuk menyuntikkan likuiditas ke pasar zona euro , yang membantu melemahkan dolar dan meningkatkan bullion ini banding mata uang lindung nilai .

Bank Sentral Eropa mempertahankan suku bunganya, dan meluncurkan langkah-langkah lain untuk meningkatkan kemampuan pemulihan zona euro yang rapuh, meskipun inflasi diperkirakan akan rendah pada tahun depan. Kabar dari ECB memicu rally 1 persen di euro versus dolar, tertinggi sejak akhir September.

“Penguatan yang terjadi pada euro, menjadi sentimen positif untuk emas, dan ketegangan geopolitik juga menjadi pendukung pasar,” kata kepala analis logam mulia di HSBC, James Steel, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (7/3/2014).

Emas sampai level tertinggi karena ketegangan tinggi antara Negara Barat dan Rusia atas Ukraina. Parlemen Crimea memilih untuk bergabung dengan Rusia pada Kamis, dan pemerintahnya mendukung Moskow mengatur referendum pada keputusan dalam waktu 10 hari atas semenanjung Ukraina.

Emas jenis Spot naik USD13,30 atau 1 persen ke USD1.350,31 per troy ons, dan membalikkan kerugian di sesi sebelumnya. Sementara emas berjangka Amerika Serikat (AS), untuk pengiriman April naik USD11,50 atau 0,9 persen ke USD1.351,80 per troy ons, dengan volume perdagangan sekitar 10 persen di atas rata-rata 30 hari perdagangan.

Data pada hari Kamis menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan baru klaim untuk manfaat pengangguran, mencapai level terendah tiga bulanan. Ini memperlihatkan masih ada kekuatan dalam pasar tenaga kerja meskipun ada cuaca buruk. (Okezone) (Dn)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.