Berburu Emas, Antam Rogoh Rp472,7 Juta

JAKARTA – PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menghabiskan Rp472,7 juta untuk eksplorasi emas sepanjang bulan Februari 2014. Eksplorasi sendiri dilakukan di daerah Pongkor dan Papandayang, Jawa Barat; Batangasai, Jambi; dan Air Nir dan Telatang, Bengkulu.

Corporate Secretary Antam Tri Hartono menjelaskan, di wilayah Pongkor, eksplorasi dilakukan dengan tujuan untuk verifikasi dan validasi data; survei penyebaran vein di lapangan; serta ore body modeling.

Kegiatan eksplorasi di daerah Papandayan, Jawa Barat mencakup diantaranya pengujian menggunakan hand auger; percontohan core dansoil; preparasi dan analisa test spectral geologi; serta preparasi dan pengukuran magnetic susceptibility.

Kegiatan eksplorasi di area Batangasai, Jambi meliputi, antara lain, pemetaan geologi detail; groundmagnet; serta studi struktur dan alterasi. Sedangkan kegiatan eksplorasi di Air Niru & Telatang, Bengkulu bertujuan untuk melokalisasi penyebaran dan potensi mineralisasi vein system di permukaan maupun bawah permukaan.

Selain eksplorasi emas, perseroan juga mencari nikel. “Kegiatan eksplorasi Antam di bulan Februari 2014 berfokus pada komoditas emas, dan nikel dengan jumlah pengeluaran preliminary sebesar Rp905 juta,” jelas dia dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (14/3/2014).

Eksplorasi nikel di Februari 2014 dilakukan di daerah Pomalaa, Sulawesi Tenggara. kegiatan eksplorasi di wilayah Pomalaa, Sulawesi Tenggara terdiri dari pemetaan geologi
semi detail, pengukuran topografi, pengukuran grid bor dan geofisika, pemboran, core logging, percontoan core dan petmin, geofisika resistivity, pengukuran SG & MC dan preparasi.

Total biaya eksplorasi nikel selama bulan Februari 2014 mencapai Rp432,8 juta.

(okezone) (Dn)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.