Bullish Emas Melebarkan Sayapnya; Kemungkinan Akan Ada Kenaikan Lanjutan

Harga emas naik sedikit di perdagangan sore hari Selasa dan mencetak level tertinggi selama tujuh bulan lagi. Pasar emas dan perak didorong oleh permintaan safe-haven dan minat beli berbasis grafik. Ada beberapa elemen yang muncul minggu ini yang menyebabkan kecemasan di kalangan pedagang dan investor. Emas berjangka Februari bertahan hingga $ 5,10 per ons di $ 1,308.20. Perak Comex Maret mencapai level tertinggi selama tiga minggu dan terakhir naik $ 0,08 pada $ 15,845 per ounce.

Elemen berita yang bekerja awal minggu ini, yang membuat pedagang dan investor sedikit gugup, termasuk:

Pasar saham AS yang lebih rendah minggu ini. Kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi dunia – terutama dari China – dan beberapa laporan pendapatan perusahaan AS yang lemah baru-baru ini sekali lagi menakuti pasar saham dunia.

Perang perdagangan AS-China yang telah berlangsung berbulan-bulan mempertemukan pejabat tingkat tinggi dari kedua negara dan bertemu di Washington, DC pada hari Rabu dan Kamis. Tidak ada konsensus tentang kemajuan yang mungkin atau tidak mungkin tercapai pada pembicaraan minggu ini, tetapi pedagang pasar saham dan keuangan minggu ini condong ke sisi negatif dari setiap hasil yang bagus. Pemerintah AS minggu ini telah mengajukan tuntutan baru terhadap perusahaan teknologi tinggi dari China, Huawei.

Situasi politik di Venezuela masih sangat cair saat ini, dengan potensi kekerasan sipil. AS pada hari Senin memberikan sanksi ekonomi pada negara tersebut, yang merupakan produsen minyak utama.

Komite Pasar Terbuka Federal Reserve (FOMC) bertemu pada hari Selasa pagi hingga Rabu siang, dengan pernyataan tentang kebijakan moneter pada hari Rabu sore. Diharapkan tidak ada perubahan dalam kebijakan moneter. Pasar bisa menjadi aktif dan bergejolak mengikuti hasil pertemuan, yang meliputi konferensi pers oleh Ketua Fed Jerome Powell. Powell mendapatkan reputasi karena meletakkan kakinya di mulutnya saat membuat komentar kepada pers atau dalam pidato.

Parlemen Inggris pada hari Selasa memberikan suara pada inisiatif Brexit “Rencana B” dari Perdana Menteri Theresa May. Rencana Brexit May yang terakhir ditolak beberapa minggu lalu dan May selamat dari mosi tidak percaya oleh Parlemen.

Pasar luar hari ini melihat perdagangan indeks dolar AS sedikit lebih tinggi. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih tinggi dan diperdagangkan sekitar $ 53,50 per barel.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.