Bullish untuk Emas, Mencapai Harga Tertingginya Selama 5 Minggu

Harga emas sedang naik dan mencapai level tertinggi selama lima minggu di perdagangan sore AS hari Senin. Pedagang bullish melangkah masuk ke pasar untuk memanfaatkan peluang buy dari kemerosotan harga yang terjadi semalam saat sesi perdagangan pagi AS berlangsung. Keadaan teknis pasar emas telah meningkat secara signifikan baru-baru ini, yang menginspirasi lebih banyak minat beli berbasis grafik. Emas berjangka Comex April terakhir naik $5,30 per ons di $1,355.20. Perak Comex Mei terakhir naik $0,133 pada $16,715 per ounce.

Emas mencetak keuntungan hari ini meskipun risk appetite di pasar hari ini lebih baik. Pasar saham dunia sebagian besar lebih tinggi pada hari Senin. Indeks saham AS memegang keuntungan kuat dalam perdagangan sore hari.

Laporan hari Minggu mengatakan para pejabat perdagangan China telah sepakat untuk duduk dan bernegosiasi dengan para pejabat perdagangan AS mengenai masalah AS terkait perdagangan bilateral dengan China. Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin pada hari Minggu mengatakan AS sedang “bekerja memilih jalur” untuk mencapai kesepakatan dengan China. Dan Korea Selatan telah menyetujui beberapa ketentuan AS tentang sengketa perdagangan AS dengan negara tersebut. Semua hal di atas telah membuat perang perdagangan menjadi tidak mungkin.¬†Berkurangnya risk aversion masih menjadi salah satu faktor negatif untuk pasar emas dan perak safe-haven.

Kunci “outside market” pada hari Senin melihat indeks dolar AS lebih rendah dan mencapai level terendah selama lima minggu. Penurunan greenback bekerja dalam mendukung kenaikan pasar logam mulia hari ini. Penurunan greenback memiliki momentum downside. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih rendah karena beberapa profit taking yang terjadi setelah harga mencapai level tertingginya selama dua bulan semalam.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.