Comex Melemah 2,8 Poin, Emas Nyaris Tinggalkan Level 1.050

Solopos.com, JAKARTA — Harga emas Comex kontrak Agustus pada perdagangan hari ini, Senin (30/11/2015) pada pukul 08.54 WIB, melemah 2,8 poin atau 0,27% ke US$1.053,4 per ounce.

Emas ke level terendah dalam periode perdagangan lima tahun menjelang rilis kebijakan moneter AS dan Eropa.

Bank sentral AS (Federal Reserve) diperkirakan akan menaikkan suku bunga Desember, dan  Bank sentral Eropa (ECB) menambah stimulus.

Pada hari Kamis, Bank Sentral Eropa diperkirakan memangkas suku bunga deposito dan memperluas program pembelian aset untuk membantu pemulihan daerah.

“Fokus tetap pada Fed,” tulis Australia & Selandia Baru Banking Group Ltd dalam catatannya, seperti dikutip Bloomberg, Senin (30/11/2015).

Gubernur Fed Janet Yellen dijadwalkan untuk tampil di depan Kongres pekan ini, komentarnya akan menjadi petunjuk tentang prospek kebijakan bank sentral AS. Suku bunga yang lebih tinggi akan meningkatkan dolar dan mengurangi daya tarik emas karena tidak membayar bunga.

Seperti diketahui The Bloomberg Indeks Dollar Spot diperdagangkan pada hari Senin di dekat level tertinggi dalam lebih dari satu dekade. (solopos.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.