Crimea Tak Memanas, Harga Emas Rontok

INILAHCOM, Jakarta – Hingga siang ini harga emas rontok sebesar US$10,9 per troy ounce seiring tiadanya isu referendum Crime-Ukraina yang memanas. Seperti apa?

Berdasarkan data yang dilansir Cnbc.com, pada perdagangan hingga pukul harga emas internasional ditransaksikan melemah sebesar US$10,9 (0,79%) ke posisi US$1.362 per troy ounce.

Ariston Tjendra, kepala riset Monex Investindo Futures mengatakan, harga emas menerobos level-level support kemarin setelah tidak adanya indikasi isu Crimea memanas. “AS dan Uni Eropa hanya memberikan sanksi personal terhadap 21 pejabat Rusia dan Crimea yang mendukung referendum dengan penolakan visa dan pembekuan aset,” katanya kepada INILAHCOM, di Jakarta, Selasa (18/3/2014).

Tidak ada sanksi keras terhadap Rusia. “Referendum pun berjalan dengan damai. Aset-aset beresiko kembali menguat,” ungkap dia.

Tadi pagi, lanjut dia, pelemahan harga emas tertahan di area US$1.357 per troy ounce.Indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD), Stochastics dan The Relative Strength Index (RSI)pada grafik H4 atau 4 jam masih menunjukkan tekanan turun.

“Pelemahan lanjutan membutuhkan konfirmasi penembusan level support US$1.357 ini dengan potensi pelemahan ke area US$1.352-1.346 per troy ounce,” tandas dia.

Sementara level US$1.364 per troy ounce menjadi level resisten terdekat. “Penembusan ke atas level resisten, membuka potensi penguatan ke area US$1.368-1.370 ,” ungkap dia.“Hari ini yang bisa menjadi market mover adalah data ZEW Jerman, data CPI AS dan data Building Permits AS.” (sumber: inilah.com)

(tr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.