Data Ekonomi AS Jadi Fokus Pasar, Harga Emas Berpotensi Turun -Liputan6.com-

Liputan6.com, Jakarta : Data ekonomi Amerika Serikat (AS) masih akan mempengaruhi pergerakan harga emas. Laju harga emas pun berpotensi kembali turun.

“Data ekonomi AS menjadi market mover bagi harga emas belakangan ini. Pasar masih fokus ke data tenaga kerja AS. Hari ini akan dirilis data klaim tunjangan pengangguran mingguan, dan besok akan rilis data non farm payrolls, serta tingkat pengangguran,” ujar Kepala Riset PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra dalam keterangan yang diterbitkan, Kamis (6/2/2014).

Ariston mengatakan, harga emas sempat melejit ke area US$ 1.274 per troy ons semalam berkat data tenaga kerja AS yang disurvei ADP lebih rendah dari ekspektasi pasar. Namun akhirnya turun kembali ke area 1.255 hingga pagi ini.

“Tekanan turun masih terlihat seperti yang ditunjukkan oleh menurunnya tiga indikator yaitu MACD, stochastics dan RSI,” tutur Ariston.

Ariston menambahkan, tekanan turun harga emas tertahan di kisaran 1.255,50. Harga mungkin berpotensi tertekan ke area 1.251. Namun tekanan lanjutan membutuhkan penembusan ke bawah level 1.251 dengan potensi target ke area 1.246.

“Sementara itu pergerakan naik ke area 1.275 membutuhkan konfirmasi penembusan ke atas resisten 1.261,” kata Ariston.

Berdasarkan data CNBC, Kamis pekan ini, harga emas berada di kisaran 1.256,80 per troy ons.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.