Data Ekonomi AS Membaik, Harga Emas Dunia Kembali Turun

CHICAGO, KOMPAS.com – Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Selasa (29/9/2015) waktu setempat (Rabu pagi WIB) untuk sesi ketiga berturut-turut, karena data menunjukkan kepercayaan konsumen AS naik secara tak terduga pada September.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember kehilangan 4,9 dollar AS, atau 0,43 persen, menjadi 1.126,8 dollar AS per ounce.

Laporan yang dirilis pada Selasa menunjukkan kepercayaan konsumen AS naik dan jauh di atas perkiraan. Para analis menyebutkan, hal itu dilihat Federal Reserve sebagai sebuah indikasi positif. Sehingga naiknya suku bunga acuan the Fed pada Oktober ini menjadi lebih memungkinkan.

Umumnya, kenaikan suku bunga akan membuat mata uang dollar AS lebih kuat dibandingkan mata uang lainnya, Dengan menguatnya dollar AS, biasanya membuat harga komoditas termasuk emas, yang dihargai dalam dollar AS, akan semakin tertekan.

Sementara perak untuk pengiriman Desember naik 3,5 sen, atau 0,24 persen, menjadi 14,573 dollar AS per ounce, kemudian platinum untuk pengiriman Januari merosot 4,4 dollar AS, atau 0,48 persen, menjadi ditutup pada 918,1 dollar AS per ounce. (Sumber: Kompas) (Pr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.