Data NFP Lesu, Harga Emas LLG Bangkit di Akhir Perdagangan Pekan Lalu

Pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu harga emas spot LLG mengalami peningkatan mantap (2/10). Harga logam mulia alami kenaikan harian terbesar sejak bulan Januari akibat aksi short covering yang dilakukan oleh para pelaku pasar. Data dari sektor tenaga kerja AS yang kurang mengesankan turut memberikan dorongan positif di pasar emas.

Harga emas sangat dipengaruhi oleh data dari sektor tenaga kerja AS yang dirilis Jumat malam. Data ini menunjukkan hasil yang kurang baik sehingga diperkirakan Fed akan kembali menunda kenaikan suku bunga acuannya. Bank sentral AS ini makin tipis kemungkinannya untuk menaikkan suku bunga acuan tahun ini.

Selain dukungan positif akibat turunnya ekspektasi kenaikan suku bunga di AS para investor juga melakukan aksi short covering yang menyebabkan tearngkatnya harga emas. Di perdagangan Jumat malam Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan bahwa data NFP mengalami kenaikan 142,000 bulan September lalu, jauh lebih rendah dibandingkan dengan perkiraan kenaikan sebesar 203,000 .

Harga emas spot LLG mengakhiri perdagangan dini hari tadi dengan membukukan kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 2,1 persen pada posisi penutupan 1.137,26 dollar per troy ons. Harga komoditas ini sempat mengalami kenaikan sebesar 2,5 persen hingga mencapai level harian tertinggi di posisi 1.151,50 dollar per troy ons.

Sementara itu harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember juga turut membukukan kenaikan luar biasa. Harga komoditas tersebut ditutup pada posisi 1.136,60 dollar, menguat sebesar 22,90 dollar.

Analyst Vibiz Research Center pada sesi perdagangan hari ini harga emas spot terpantau masih berpotensi untuk melanjutkan trend penguatannya meskipun terbatas. Para investor memperoleh dorongan kenaikan yang cukup solid dan kemungkinan bertahan hingga perdagangan hari ini.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.145 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.150 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan retreat harga akan mengetes level support pada posisi 1.130 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan penurunan ke posisi 1.125 dollar.

(Sumber : www.vibiznews.com )

(yn)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.