Data Penjualan Rumah AS Memiliki Dampak Kecil Pada Harga Emas

Harga emas terus mengalami kenaikan moderat, diperdagangkan dekat dengan sesi tertingginya, mengikuti data penjualan rumah yang ada, dari National Association of Realtors (NAR).

Penjualan rumah yang ada tidak berubah dari bulan sebelumnya, menunjukkan tingkat penyesuaian musiman dan tahunan sebesar 5,34 juta pada bulan Agustus. Ekonom mengharapkan untuk melihat peningkatan moderat menjadi 5,36 juta unit.

Harga emas sebagian besar tidak berubah setelah data dirilis, dengan emas berjangka Comex Desember lalu terlihat diperdagangkan pada $1,212.40, turun 0,34% pada hari itu. Data ekonomi memiliki sedikit dampak pada harga emas karena pasar tetap sensitif terhadap aliran dolar AS.

Menurut beberapa ekonom, dolar AS kehilangan momentum karena investor merasa lebih nyaman mengambil lebih banyak risiko, membeli saham dan mata uang negara berkembang.

Pembacaan tidak berubah dalam penjualan rumah yang ada mengakhiri downtrend selama empat bulan.

Lawrence Yun, kepala ekonom NAR, mengatakan bahwa dia yakin penjualan akan meningkat sepanjang sisa tahun ini.

“Dengan stabilisasi persediaan dan kenaikan sedang, pembeli tampak siap untuk melangkah kembali ke pasar,” katanya.

Namun, beberapa ekonom optimis karena pembeli rumah potensial masih harus menghadapi kenaikan harga dan suku bunga yang lebih tinggi.

NAR mengatakan bahwa harga rata-rata untuk semua jenis rumah yang ada adalah $264.800, naik 4,6% dari tahun lalu.

“Kenaikan harga bulan Agustus menandai kenaikan berturut-turut selama 78 bulan dari tahun ke tahun,” kata laporan itu.

Laporan itu mengatakan bahwa total persediaan perumahan pada akhir Agustus tidak berubah dari bulan Juli di 1,92 juta rumah yang tersedia untuk dijual.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.