Dolar Melemah, Emas Global Mulai Berkilau – okezone.com

LONDON – Harga emas sedikit menguat mendekati level terendah dalam lima bulanan, setelah reli minyak mentah dan melemahnya dolar Amerika Serikat (AS). Penurunan tajam sesi sebelumnya dipicu bargain hunting.

Para pedagang mengatakan short-covering terlihat sehari setelah emas jatuh hampir 3 persen, dan menjadi penurunan harian terbesar dalam lebih dari dua bulan. Open interest dalam emas berjangka AS naik lebih dari 1 persen.

“Meskipun rally kecil short-covering hari ini, emas rentan terhadap kemunduran lebih lanjut. Saat ini minyak mentah lebih kuat dan dolar AS yang lebih rendah adalah satu-satunya hal yang membuat emas mampu menguat,” kata kepala dealer Broker komoditas Chicago Alliance Financial, Frank McGhee, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (4/12/2013).

Emas global jenis Spot naik USD1,98 atau 0,2 persen ke USD1.221,64 per troy ons, sementara emas berjangka AS, Comex Gold, untuk pengiriman Februari turun USD1,10 atau 0,1 persen menjadi USD1.220,8 per troy ons.

Dealer mengatakan, permintaan bullion dari konsumen Asia, pasar terbesar dunia untuk emas fisik, meningkat setelah penurunan tajam. Namun, banyak yang berharap harga tetap lebih rendah.

Di antara logam mulia lainnya, perak turun 0,3 persen menjadi USD19,07 per troy ons. Sementara Platinum naik 1,1 persen ke USD1.352,25 per troy ons, dan paladium naik 0,4 persen ke USD711,97 per troy ons. (okezone.com)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.