Dollar AS Menguat, Harga Emas Dunia Kembali Turun

CHICAGO, KOMPAS.com –¬†Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Kamis (3/4/2014) sore waktu setempat¬† (Jumat pagi WIB), seiring dengan menguatnya dollar AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni turun 6,2 dollar AS atau 0,48 persen menjadi menetap di 1.284,6 dollar AS per ounce. Para pedagang memposisikan diri mereka menjelang data pekerjaan AS yang sangat diantisipasi pada Jumat waktu setempat, menurut beberapa analis pasar.

Meskipun suku bunga di Uni Eropa tetap pada tingkat saat ini, dollar AS hari ini menguat.

Beberapa analis percaya, hal itu karena pembicaraan tentang program pembelian aset masih kuat dan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi telah memberikan penjelasan, kekhawatiran deflasi sedang meningkat dari hari ke hari di seluruh dunia, yang berarti pelonggaran kuantitatif Eropa akan terjadi.

ECB pada Kamis mempertahankan suku bunga utamanya tak berubah dan menahan diri dari meluncurkan langkah-langkah pelonggaran nonkonvensional.

Jika ekonomi AS terus menunjukkan tanda-tanda perbaikan, logam mulia mungkin berada di bawah tekanan jual lebih lanjut karena Federal Reserve akan memiliki data ekonomi yang mendukung untuk melanjutkan kebijakan pengurangan stimulus mereka.

Sementara perak untuk pengiriman Mei turun 24,5 sen atau 1,22 persen menjadi ditutup pada 19,805 dollar AS per ounce. (Kompas) (Dn)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.