Dollar AS Menguat, Harga Emas Turun Lagi

CHICAGO, KOMPAS.com — Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup lebih rendah pada perdagangan Senin (3/8/2015) waktu setempat (Selasa pagi WIB) setelah tertekan oleh penguatan dollar AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun 5,7 dollar AS atau 0,52 persen menjadi 1.089,40 dollar AS perounce.

Para analis mengatakan, emas tertekan oleh dollar yang lebih kuat meskipun saham-saham AS turun pada Senin karena dollar AS yang lebih kuat dapat mengurangi daya tarik emas berjangka untuk pembeli dengan mata uang lainnya.

Faktor lain yang menjadi penekan logam mulia adalah  peningkatan pengeluaran pribadi AS. Kondisi tersebut mendorong optimisme atas kesehatan ekonomi AS dan mendukung rencana kenaikan suku bunga tahun ini.

Departemen Perdagangan AS pada Senin mengatakan dalam sebuah laporan bahwa belanja konsumen naik sesuai perkiraan, yakni 0,2 persen, pada Juni, atau turun dari revisi kenaikan 0,7 persen pada Mei. Pelambatan sebagian dikaitkan dengan penjualan kendaraan yang lebih rendah.

Sementara itu, harga perak untuk pengiriman pada bulan September turun 23 sen, atau 1,56 persen, ditutup pada 14,515 dollar AS per ounce. Adapun harga platinum untuk pengiriman pada bulan Oktober kehilangan 17,9 dollar AS, atau 1,82 persen, menjadi 967,10 dollar AS per ounce. (Sumber: Kompas)

(Pr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.