Dollar AS Turun, Harga Emas Melonjak

CHICAGO, KOMPAS.com –¬†Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup pada tingkat tertinggi dalam tiga pekan pada Selasa (10/12/2013) waktu setempat, (Rabu pagi WIB), seiring dengan melemahnya dollar AS terhadap yen Jepang.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari naik 26,9 dollar AS, atau 2,18 persen, menjadi menetap di 1.261,1 dollar AS per ounce.

Analis mengatakan, pasar emas sudah mulai memperhitungkan kurangnya kemajuan nyata dalam negosiasi anggaran di Amerika Serikat, yang meninggalkan potensi penutupan kegiatan pemerintah lainnya.

Investor juga berspekulasi tentang apakah Federal Reserve akan mulai menarik kembali pembelian obligasinya bulan ini, ketika komite kebijakan moneter The Fed menggelar pertemuan mereka pada pekan depan.

Sepanjang tahun ini (sampai saat ini), emas telah melorot sekitar 25 persen dan diperkirakan akan mengalami kerugian tahunan pertamanya sejak 2000.

Perak untuk pengiriman Maret naik 61,4 sen, atau 3,12 persen, menjadi ditutup pada 20,315 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari naik 20,2 dollar AS, atau 1,48 persen, menjadi ditutup pada 1.388,7 dollar AS per ounce. (kompas.com)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.