Emas Naik Sedikit – Hampir Tidak Berubah – karena Short Covering, Bargain Hunting

Harga emas sedikit menghapus kerugiannya semalam dengan diperdagangkan sedikit lebih tinggi di perdagangan AS pada Jumat pagi. Indeks dolar AS diperdagangkan lebih rendah pada hari yang telah mendorong beberapa short-covering dan minat pembelian bargain-hunting. Emas Desember terakhir naik $0,30 pada $1,189.60.

Indeks saham utama AS minggu ini mencapai rekor tertinggi, setelah terjadinya kejutan di pemilihan presiden AS yang dimenangkan oleh Donald Trump. Sementara itu, hasil pasar saham obligasi dunia meningkat tajam karena adanya rumor peningkatan tekanan inflasi.

Harga minyak mentah berjangka Nymex lebih rendah pada awal perdagangan AS. Harga Nymex ditutup di atas $50,00 per barel awal pekan ini, sebelum kemunduran korektif terjadi. Pengamat pasar energi sedang menunggu pertemuan kartel minyak OPEC 30 November. Beberapa merasa OPEC mungkin akan sepakat untuk memotong produksi, tetapi yang lain mungkin tidak. Laporan Jumat mengatakan Arab Saudi, Rusia, Iran dan Irak memiliki ide-ide yang berbeda-beda pada setiap pemotongan produksi minyak.

Kunci “outside market” lainnya pada hari Jumat melihat indeks dolar AS lebih rendah karena terjadinya kemunduran korektif dari kenaikan kuat baru-baru ini yang telah mendorong indeks ke level tertinggi selama 13 tahun.


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.