Emas Berjangka Menguat, Namun Turun dari Level Tertingginya karena Indeks Dolar AS Rebound

Harga emas berjangka mengakhiri sesi perdagangan pagi AS hari Kamis dengan naik sedikit tetapi juga turun dari level tertinggi hariannya. Sementara itu, pasar emas tunai melemah hari ini menyusul kenaikan pada sore hari Rabu. Indeks dolar AS yang menguat saat ini sedikit membatasi minat beli di pasar logam mulia. Emas berjangka Comex April terakhir naik $3,90 per ounce pada $1,325.40. Perak Comex Mei terakhir turun $0,054 pada $16,355 per ounce.

Safe-haven emas dan perak sedikit terkejut dengan pergerakan logam mereka yang tidak bereaksi lebih positif terhadap sell-off besar-besaran di pasar saham AS yang terjadi sebagian karena AS mengurangi sanksi perdagangan baru di China. Namun, pasar dan pedagang berubah-ubah, dan perang perdagangan yang memanas antara dua perekonomian terbesar di dunia bisa juga menaikkan harga emas dan perak dalam waktu dekat. Ingat bahwa pasar saham AS pada awalnya tidak terlalu memperhatikan retorika proteksi AS beberapa minggu terakhir.

Kunci “outside market” pada hari Kamis melihat indeks dolar AS sedikit lebih tinggi karena koreksi bounce setelah mencapai level terendah selama dua minggu semalam. Perdagangan di USDX berombak. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih rendah karena aksi profit taking dari kenaikan kuat minggu ini yang menyebabkan harga mencapai level tertingginya selama tujuh minggu pada hari Rabu.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.