Emas Berusaha Naik Meskipun Dollar Menguat

Kita semua masih menunggu apakah emas bisa naik sekitar $1.30/ounce. Dengan menguatnya dollar, nilai emas turun hingga $7.00 saat ini. Sedangkan nilai perak tidak cukup kuat untuk naik ke level aman.

Peristiwa ini dipengaruhi oleh adanya pertemuan FOMC dan peristiwa Brexit yang akan berakhir pada 23 Juni nanti.

Peristiwa Brexit ini sangat mempengaruhi kondisi trading, meskipun nantinya apapun hasil keputusan Brexit pada tanggal 23 Juni nanti, apakah Inggris tetap menjadi satu dengan Eropa atau berdiri sendiri, hal tersebut tidak akan berpengaruh besar terhadap perbaikan perekonomian dunia.

Peningkatan suku bunga 0.75 oleh Fed tidak akan berefek buruk terhadap perekonomian Amerika. Sedangkan peristiwa Brexit sendiri cenderung memberikan efek negative terhadap perekonomian Inggris, namun ada juga yang sedikit mendapatkan efek baik atas adanya Brexit, terutama negara Prancis dan Jerman.

Hasil obligasi Amerika selama 10 tahun jatuh hingga 1.57. Sekarang hasilnya sudah menjadi 1.62 namun bunga yang tersedia dalam instrumen mencukupi untuk menjaga nilai tetap rendah paling tidak hingga esok paginya.

Perlu diperhatikan bahwa untuk pertama kalinya hasil obligasi Jerman dalam 10 tahun adalah 0.00%.

Hasil yang rendah tentunya merugikan bank dan institusi keuangan lainnya, karena mereka tidak mendapatkan keuntungan apapun atas saham pemerintah.

Penyebab lain atas menurunnya harga saham di seluruh dunia adalah harga minyak yang diperdagangkan di kisaran harga $45.50, namun setelah adanya rally minggu kemarin maka harganya bisa saja menjadi $60 per barrel.

Tidak ada alasan pasti untuk menaikkan harga emas saat ini. Mungkin harga emas bisa dinaikkan pada musim gugur mendatang, di mana pelaku pasar menjatuhkan harapan pada tingginya permintaan dari China. Namun meskipun demikian, supply bisa naik dengan mudah jika permintaan meningkat dari 20% ke 25%.

Index votalitas VIX terus meningkat dipengaruhi oleh Brexit. Karena sebagian besar dari para investor, terutama investor asing dan para saudagar minyak Timur Tengah dan pengelola dana tidak mengetahui apa dampak dari Brexit, maka mereka semua mencari perlindungan.

Banyak yang meletakkan pertaruhannya pada votalitas yang lebih banyak. Kami tidak yakin tidak bergeraknya Fed adalah merupakan strategi, karena pada kenyataanya kemungkinan VIX akan melakukan sedikit penolakan setelah penutupan FOMC besok. (Pr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.