Emas Bisa Tiba-Tiba Menjadi Aset Yang Paling Diinginkan

Dengan meningkatnya tingkat utang AS dan kebijakan moneter yang lebih ketat, emas dapat dengan cepat menjadi aset paling menarik di luar sana, menurut salah satu ahli strategi.

“Jika meminjam lebih banyak adalah solusi, maka saya mengharapkan harga emas tiba-tiba menjadi aset yang paling diinginkan,” kata ahli strategi makroekonomi dan managing partner di Spotlight Group Stephen Pope.

Emas dan utang sangat berkorelasi, menurut Pope, terutama dengan tingkat utang AS yang sudah di atas $21 triliun.

“Pemerintah AS berada di bawah tekanan untuk menutup defisit fiskal, namun AS telah mulai berjalan di jalur menuju perang dagang dengan Cina dan Eropa. Pada saat yang sama Departemen Keuangan mengumumkan rencana untuk meminjam hampir $1 Triliun pada tahun fiskal ini,” tulis Pope dalam posting FX Explained yang dipublikasikan pada hari Selasa.

“Yang jelas adalah bahwa Departemen Keuangan AS tidak dapat terus menerus menaikkan pagu utang untuk memenuhi kebutuhan pinjaman pemerintah federal tanpa batas yang jelas. Mengingat program QE Fed sedang meruncing, orang bertanya-tanya apa peningkatan hasil yang akan diperlukan untuk mendapatkan utang yang dibuat di setiap lelang berturut-turut?” tambahnya.

Suku bunga AS yang naik akan memberi tekanan signifikan pada aset berisiko, membuat option safe haven lebih menarik, Pope menjelaskan.

“Tentu saja, beberapa tahun terakhir dari rekor suku bunga rendah yang menggelembungkan harga aset utama dalam bentuk saham, obligasi dan real estat,” katanya. “Kenaikan tarif tidak hanya berlaku untuk utang pemerintah, mereka juga akan berdampak besar pada perusahaan dan individu.”

Dampak dari hal tersebut adalah peningkatan kebangkrutan perusahaan pada tahun 2018.

“Peningkatan mendadak dalam pengangguran [bisa] berdampak pada jatuhnya harga properti ketika pemerintah AS melihat lebih banyak dolar yang bocor dari sistem [karena mereka] membayar lebih banyak bunga atas utang mereka.”

Harga emas menyerahkan semua keuntungan yang didapat pada hari Rabu terkait dengan meningkatnya ketakutan perang perdagangan pada sore hari dan awal perdagangan Asia pada hari Kamis.

Emas berjangka Comex Juni terakhir diperdagangkan pada $1,334.10, turun 0,46% pada hari itu, sementara spot emas di Kitco.com berada di $1,329.40, turun 0,26% pada hari itu.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.