Emas Comex Rebound, Gelontoran Data AS Tetap Jadi Acuan Pasar

Bisnis.com, JAKARTA— Harga emas Comex menguat pada perdagangan siang ini, Jumat (9/1/2015).  Pada pk. 12:15 WIB, harga untuk kontrak Februari 2015  menjadi US$1.212,9/troy ounce atau menguat 0,3%.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan harga emas  Comex saat ini bergerak di kisaran $1.210 per troy ons.  Kemarin, harga ditutup di kisaran 1.208.

“Harga masih bertengger di atas kisaran 1.200 karena beberapa faktor, seperti indikasi kenaikan suku bunga acuan AS baru akan dilakukan paling cepat di bulan April, dan kekhawatiran masalah program bailout Yunani,” kata Ariston dalam risetnya yang diterima hari ini, Jumat (9/1/2015).

Dari analisa teknikal, tambahnya, support terdekat di kisaran 1.209. Harga masih berpeluang menguat di atas support tersebut, dengan potensi kembali ke kisaran 1.216, yang merupakan level tertinggi pada perdagangan kemarin.

Sebaliknya pergerakan di bawah support tersebut, berpotensi membawa harga melemah ke kisaran 1.204.

“Malam ini data Non-farm Payrolls dan tingkat pengangguran AS akan menjadi sorotan pelaku pasar keuangan global,” kata Ariston.

Data NFP bulan Desember ini diprediksi mengalami pertambahan 241 ribu pekerja,, dan tingkat pengangguran diproyeksi turun menjadi 5,7% dari sebelumnya 5,8%.

“Hasil yang lebih bagus dari proyeksi berpeluang mendorong penguatan dolar AS dan menekan turun harga emas,” kata Ariston. (market.bisnis.com)(dk)


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.