Emas dan Perak Diperdagangkan Hampir Stabil, Menunggu Hasil FOMC dan BOJ

Harga emas dan perak ditutup hampir tidak berubah dari level sebelumnya pada sesi perdagangan tenang AS hari Selasa, menjelang dua pertemuan bank sentral utama yang bisa dibilang sebagai peristiwa pasar yang paling penting bulan ini. Emas Comex Desember terakhir naik $0,40 per ounce pada $1,318.20. Perak Comex Desember terakhir turun $0,005 di $19,285 per ounce.

Para pedagang dan investor menunggu hasil dari pertemuan dua hari Federal Reserve’s Open Market Committee (FOMC). Pertemuan dimulai hari ini dan berakhir Rabu sore dengan sebuah pernyataan. Sebagian besar  pengamat pasar tidak berpikir The Fed akan menaikkan suku bunga pada pertemuan ini. Besar kemungkinan kenaikan suku bunga AS akan terjadi pada Desember, menurut pasar. Namun, Raja obligasi Bill Gross, pada Selasa dilaporkan mengatakan ada peluang 50-50 Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 0,25% pada hari Rabu.

Bank of Japan juga bertemu untuk membahas kebijakan moneter pada Selasa. Tidak ada konsensus yang jelas untuk hasil pertemuan BOJ: apakah stimulus moneter lebih akan dimulai, dan jika demikian apakah BOJ akan tetap pada perilakunya. Ketidakpastian ini berarti pasar bisa lebih dipengaruhi oleh hasil BOJ daripada hasil FOMC. Hasil pertemuan BOJ ini akan keluar sekitar Rabu pagi, waktu New York.

Harga minyak mentah melemah pada Selasa sore karena short covering di pasar yang secara teknis masih bearish. Kunci outside market lainnya pada Selasa melihat perdagangan indeks dolar AS sedikit lebih tinggi.

Z


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.