Emas dan Perak Hampir Stabil

Harga emas dan perak mengakhiri sesi perdagangan pagi AS tidak jauh dari tingkat yang tidak berubah pada hari itu (Kamis 22/2). Kedua logam safe haven ini melihat beberapa tekanan jual awal saat ini. Namun, aksi jual di indeks dolar AS saat perdagangan pagi hari Kamis berlangsung adalah bullish nya outside market yang mendukung logam mulia. Emas berjangka Comex April terakhir naik $0,70 per ounce di $1,332.70. Perak Comex Maret terakhir naik $0,012 di $16,605 per ounce.

Pasar telah mencerna angka FOMC Rabu sore yang mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi AS yang lebih kuat dari perkiraan dalam beberapa pekan terakhir menjaga Federal Reserve untuk terus meningkatkan suku bunga AS secara bertahap. Risalah tersebut membuat perdagangan berombak di pasar saham dan mata uang, dan mendorong naik hasil Treasury AS. Risalah FOMC berisi unsur-unsur yang dapat dianggap sebagai hawkish dan dovish mengenai kebijakan moneter AS.

Kunci outside market lainnya pada hari Kamis melihat harga minyak mentah Nymex lebih tinggi dan diperdagangkan di bawah $63,00 per barel. Pasar minyak yang lebih tinggi saat ini juga merupakan elemen bullish untuk pasar logam.

Secara teknis, harga emas berjangka April ditutup mendekati level tertinggi hariannya. Tidak ada kerusakan grafik serius yang ditimbulkan pada penurunan minggu ini. Kenaikan emas masih memiliki keunggulan teknis jangka pendek secara keseluruhan, namun perlu menunjukkan kekuatan baru dengan segera untuk mempertahankannya. Kenaikan harga breakout objektif emas jangka dekat selanjutnya adalah untuk menghasilkan penutupan di atas resistance teknis yang solid pada level tertinggi Januari di $1,370.50. Penurunan harga breakout objektif jangka dekat selanjutnya adalah mendorong harga di bawah support teknis solid pada titik terendah bulan Februari di $1,309.00. Resistance pertama terlihat pada level tertinggi hari Rabu di $1,338.50 dan kemudian di $1,350.00. Support pertama terlihat di level rendah hari ini di $1,322.90 dan kemudian di $1,320.00.

Harga perak berjangka Maret ditutup mendekati sesi tinggi. Penurunan perak memiliki keuntungan teknis jangka pendek secara keseluruhan. Kenaikan harga breakout objektif perak selanjutnya adalah penutupan harga di atas resistance teknis solid pada $17.00 per ounce. Penurunan harga breakout objektif selanjutnya adalah harga penutupan di bawah support solid di $16.00. Resistensi pertama terlihat pada level tinggi minggu ini di $16,745 dan kemudian pada level tinggi Februari di $16,95. Support berikutnya terlihat di $16,50 dan kemudian pada level rendah minggu ini di $16,34.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.