Emas dan Perak Melemah karena Investor Menghindari Safe-Haven

Harga emas dan perak mengakhiri sesi perdagangan pagi AS dengan sedikit melemah pada hari Senin. Risk appetite yang tinggi di pasar dunia saat ini menjaga agar pembeli safe-metal menguranginya. Indeks dolar AS yang lebih lemah hari ini memungkinkan emas dan perak bergerak dari posisi terendah hariannya yang dicetak pada awal transaksi. Kontrak berjangka emas Comex bulan April lalu turun $3,90 per ounce di $1,320.20. Perak Comex Mei terakhir turun $0,083 di $16,525 per ounce.

Pasar saham dunia sebagian besar lebih tinggi hari ini, mengikuti pasar saham AS pada hari Jumat, yang menguat setelah laporan pekerjaan AS yang optimis menunjukkan peningkatan lapangan kerja yang sehat di tengah inflasi yang tidak dianggap bermasalah. Indeks saham AS mengalami kenaikan dan penurunan dalam perdagangan sore, dengan indeks Nasdaq 100 mencetak rekor tertinggi baru. Indeks telah mencetak keuntungan yang sangat mengesankan dari kerugian bulan Januari dan Februari.

Pasar pada hari Senin masih mencerna implementasi perdagangan tarif AS pekan lalu pada baja dan aluminium. Uni Eropa ingin berbicara dengan AS mengenai masalah tersebut, sementara China memperingatkan akan melakukan pembalasan atas tarif AS. Keadaan ini bisa bergejolak lebih jauh, yang bisa menggagalkan pasar saham dunia yang bullish. Pedagang emas dan perak akan sangat memperhatikan situasi ini dalam beberapa minggu mendatang.

Secara teknikal harga emas berjangka April ditutup di dekat mid-range hari ini. Kenaikan dan penurunan emas berada pada level jangka pendek keselurunan di tengah perdagangan berombak baru-baru ini. Kenaikan harga breakout objective jangka dekat selanjutnya untuk emas adalah untuk menghasilkan penutupan di atas resistance teknis solid di $1,350.00. Penurunan harga breakout objective jangka dekat selanjutnya adalah mendorong harga di bawah support teknis yang solid di $1.300,00. Resistance pertama terlihat di level tertinggi hari ini di $1,325.00 dan kemudian di $1,330.00. Support pertama terlihat pada level terendah minggu lalu di $1.313,20 dan kemudian di $1,309.00.

Harga perak berjangka Mei ditutup di dekat mid-range hari ini. Penurunan perak memiliki keuntungan teknis jangka pendek keseluruhan. Kenaikan harga breakout objective selanjutnya untuk perak adalah penutupan harga di atas resistance teknis yang solid pada level tertinggi Februari di $17,04 per ounce. Penurunan harga breakout objective selanjutnya adalah harga penutupan di bawah support solid di $16.00. Resistance pertama terlihat di $16,75 dan kemudian di level tertinggi Maret di $16,895. Support berikutnya terlihat pada level terendah minggu lalu di $16,33 dan kemudian pada titik terendah Maret di $16,16.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.