Emas dan Perak Menyentuh Harga Terendah Selama Beberapa Bulan Karena Kurangnya Berita Bullish

Harga emas dan perak diperdagangkan cukup rendah pada perdagangan AS hari Kamis sore. Emas menyentuh harga terendah hampir selama 12 bulan hari ini dan perak dibukukan turun dan menyentuh harga terendah selama tujuh bulan hari ini. Emas dan perak membutuhkan berita fundamental bullish yang baik untuk bisa  naik, yang mana berita tersebut masih belum terjadi di pasar dalam beberapa pekan terakhir. Penjual berbasis grafik di pasar berjangka telah menguat minggu ini, di tengah penurunan harga emas dan perak. Namun, kedua pasar ini sekarang secara teknis oversold untuk basis jangka pendek dan karena rebound akan segera terjadi. Juga, rally besar di harga minyak mentah baru-baru ini menunjukkan bahwa sektor komoditas mentah telah mencapai titik terendahnya dan akan bergerak naik di kemudian hari. Banyak harga komoditas mentah saat ini dilihat sebagai peluang pembelian bernilai, dalam jangka panjang, termasuk logam mulia. Emas berjangka Agustus terakhir turun $4,90 per ounce pada $1,251.20. Perak Comex Juli terakhir turun $0,191 pada $15,955 per ounce.

Pasar saham dunia sebagian besar melemah semalam. Indeks saham AS sedikit menguat pada perdagangan sore di New York. Ketakutan perang perdagangan global terus membatasi minat beli di pasar ekuitas dunia, tetapi tidak menghasilkan ketakutan yang cukup untuk bisa mendorong permintaan safe-haven emas dan perak.

Dalam berita semalam, mata uang Rupee India mencapai titik terendahnya terhadap dolar AS, sebagian karena lonjakan harga minyak dalam seminggu terakhir. Dolar yang kuat terhadap Rupee kemungkinan membatasi permintaan India untuk emas (harga dalam dolar AS di pasar dunia). India adalah konsumen emas utama, kedua setelah Cina.

Titik data AS minggu ini adalah estimasi akhir dari produk domestik bruto kuartal pertama yang rilis hari ini, yang terlihat naik 2,2%, dari tahun ke tahun.

Kunci “outside market” hari ini menemukan bahwa indeks dolar AS sedikit lebih rendah setelah mencapai harga tertingginya dalam 12 bulan semalam. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih tinggi dan mencapai harga tertingginya selama 3,5 tahun pada $74,03 per barel hari ini.

 

(Yn)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.