Emas dan Perak Rally karena Short Covering dan Bargain Hunting

Harga emas dan perak mengakhiri sesi perdagangan pagi AS dengan kenaikan yang solid pada hari Senin. Kenaikan logam mulia ini didukung oleh indeks dolar AS yang lebih lemah dan rebound harga minyak mentah. Beberapa short covering di pasar berjangka dan bargain hunting di pasar tunai juga terjadi di kedua logam tersebut, menyusul tekanan jual minggu lalu. Mengesankan, logam mampu membukukan kenaikan harga yang bagus kendati terjadi rally besar di pasar saham AS, pada awal Senin pagi ini. Kontrak berjangka emas Comex April naik $10.10 per ounce di $1.325.80. Perak Comex Maret terakhir naik $0,406 pada $16,545 per ounce.

Pasar saham dunia juga menguat pada hari Senin, di tengah rebound kuat pekan lalu. Pertanyaan besar yang ditanyakan oleh para trader pada awal minggu trading ini adalah jika periode volatilitas harga harian yang sangat tinggi ini telah berakhir. Aksi harga pada awal minggu ini masih belum dapat menjawab pertanyaan itu. Namun, kerusakan grafik utama telah terjadi pada indeks saham AS yang menyarankan bahwa pasar tersebut telah berada di puncak dan akan segera turun. Skenario seperti itu adalah elemen dasar bullish untuk pasar logam mulia.

Kunci outside market pada hari Senin melihat indeks dolar AS melemah karena pullback korektif dari keuntungan baru-baru ini. Namun, ada petunjuk teknis awal bahwa USDX masuk ke dalam bagian bawah pasar jangka pendek. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex menguat karena bounce korektif dari kerugian solid baru-baru ini dan juga karena rebound di pasar saham dunia. Namun, ada petunjuk chart bahwa pasar minyak akan turun setidaknya dalam waktu dekat.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*