Emas dan Perak Tertekan oleh “Dead-Cat Bounce” Saham AS

Pasar emas dan perak ditutup relatif rendah pada sesi perdagangan AS, dengan emas menyentuh level terendahnya selama tiga minggu dan perak berjangka ditutup pada penutupan terendahnya selama enam minggu. Pemulihan besar di pasar saham AS pada hari Selasa, setelah beat-down besar-besaran pada Senin, berhasil mendorong turun pasar logam. Kerugian di pasar emas dan perak ini terbatas, karena indeks dolar AS tidak dapat menahan kenaikannya tepat setelah pasar AS dibuka. Kontrak berjangka emas Comex bulan lalu turun $5,10 per ounce di $1,331.40. Perak comex Maret terakhir turun $0,091 pada $16,58 per ounce.

Pasar saham dunia anjlok tajam pada Selasa, menyusul kerugian kuat di indeks saham AS hari Senin. Saham AS dibuka turun tajam namun dengan cepat rebound dan mencetak kenaikan yang solid. Namun, keuntungan yang didapat pada hari Selasa sore tersebut tidak bisa memperbaiki kerusakan grafik utama yang terjadi pada beberapa hari terakhir di indeks saham utama AS. Kerusakan teknis itu masih menunjukkan tekanan turun lebih lanjut. Keuntungan hari ini di pasar saham AS bisa jadi disebut dengan “dead-cat bounce.” Jangan heran jika tekanan jual lebih lanjut di pasar saham akan terjadi pada minggu ini. Dan jika itu yang terjadi, safe haven pasar emas dan perak akan menguntungkan.

Ironisnya, pasar obligasi dunia turun pada hari Selasa karena beberapa permintaan safe haven yang timbul dari penurunan tajam di pasar saham dunia. Namun, jangan mencari pasar obligasi dunia untuk membuat pemulihan harga yang berkelanjutan.

Kunci “outside market” pada hari Selasa sore melihat indeks dolar AS mendekati stabil dan memberikan keuntungan awal yang baik. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih rendah dan diperdagangkan di atas $63,00 per barel. Pasar ekuitas dunia yang sangat goyah telah mendorong beberapa tekanan jual di pasar minyak mentah baru-baru ini.

Secara teknikal, harga emas berjangka April menutup sesi pagi dengan rendah, menyentuh titik terendahnya selama tiga minggu dan mencetak bearish down “outside day” di chart bar harian. Kenaikan emas masih memiliki keuntungan teknis jangka pendek secara keseluruhan. Tidak ada kerusakan grafik jangka dekat yang terjadi. Kenaikan jangka pendek breakout objektif emas selanjutnya adalah untuk menghasilkan penutupan di atas resistance teknis yang solid pada level tertinggi Januari di $1,370.50. Penurunan downside breakout objektif harga jangka pendek  selanjutnya adalah mendorong harga di bawah support teknis yang solid pada harga $1.300,00. Resistance pertama terlihat di $1,340.00 dan kemudian di $1,350.00. Support pertama terlihat di level rendah hari ini di $1,328.40 dan kemudian di $1,325.00.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.