Emas dan Perak Tertekan oleh Turunnya Outside Market

Harga emas dan perak mengakhiri sesi perdagangan pagi AS dengan sedikit menurun pada hari Rabu. Logam mulia melihat koreksi penurunan menyusul kenaikan yang bagus pada Selasa. Kunci “outside market” juga berada dalam posisi bearish untuk logam hari ini, karena indeks dolar AS menguat dan harga minyak mentah turun tajam. Emas berjangka Comex terakhir turun $8,00 per ounce di $1,327.20. Perak Comex Mei terakhir turun $0,274 pada $16,51 per ounce.

Laporan ketenagakerjaan nasional ADP hari ini untuk bulan Februari menunjukkan kenaikan 235.000, naik lebih tinggi dari yang diharapkan sebesar 200.000. Harga emas sedikit turun karena berita ini. Laporan ADP hari ini menyarankan laporan pekerjaan yang lebih penting pada hari Jumat dari Departemen Tenaga Kerja AS akan naik.

Pasar saham dunia sebagian besar lebih rendah hari ini, termasuk indeks saham AS. Pasar saham, keuangan dan mata uang agak ketakutan setelah kepala ekonom Gedung Putih Gary Kohn mengumumkan pengunduran dirinya di tengah retorika yang semakin proteksionis yang berasal dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Pengunduran diri Kohn menunjukkan Trump akan terus maju dengan rencananya untuk menurunkan tarif impor aluminium dan baja. Kepergian Kohn meningkatkan spekulasi bahwa ada gejolak tajam saat ini di sayap barat Gedung Putih. Hal tersebut saat ini tidak terlalu memiliki dampak pada pasar safe haven emas secara signifikan.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.