Emas ditutup dengan kerugian mingguan hampir dua persen

Chicago (ANTARA News) – Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup dengan kerugian moderat pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena para pedagang bereaksi terhadap laporan pekerjaan AS untuk November yang lebih kuat dari perkiraan.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari turun 2,9 dolar AS, atau 0,23 persen, menjadi ditutup pada 1.229,0 dolar AS per ounce. Statistik menunjukkan harga emas merugi 1,7 persen untuk minggu ini.

Menurut analis pasar, laporan pekerjaan yang positif meningkatkan ekspektasi bahwa Federal Reserve AS akan segera menarik kembali program pembelian obligasi bulanannya, yang menekan perdagangan emas pada hari ini.

Ekonomi AS menambahkan 203.000 pekerjaan pada November dan tingkat pengangguran turun menjadi tujuh persen dari 7,3 persen pada Oktober, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada Jumat. Ekonom yang disurvei MarketWatch memperkirakan kenaikan sebesar 180.000 pekerjaan non pertanian dan tingkat pengangguran 7,2 persen.

Sejak September 2012, Federal Reserve telah membeli obligasi pemerintah dan aset-aset terkait hipotek senilai 85 miliar dolar AS per bulan dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi AS. Program stimulus telah memberikan kontribusi terhadap pelemahan dolar AS, yang pada gilirannya memberikan dukungan untuk emas.

Sementara perak untuk pengiriman Maret turun 4,7 sen, atau 0,24 persen, menjadi ditutup pada 19,523 dolar AS per ounce. (antaranews.com)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.