Emas Ditutup Stabil di Pasar yang Tenang

Harga emas ditutup mendekati stabil pada sesi perdagangan AS hari Selasa. Trader dan investor berfokus pada dua pertemuan bank sentral yang berlangsung minggu ini. Emas Comex Agustus terakhir naik $1,00 per ounce pada $1,320.50. Perak Comex September terakhir naik $0,043 di $19,69 per ounce.

Sebagian besar pasar saham dunia juga stabil pada Selasa. Indeks saham AS mengalami pergerakan naik turun pada Selasa sore di New York. Trader saham AS dan investor telah memeriksa laporan pendapatan perusahaan kuartal kedua yang sudah dirilis.

Namun, peristiwa besar di pasar minggu ini adalah pertemuan U.S. Federal Reserve’s Open Market Committee (FOMC) yang dimulai pada Selasa dan berakhir pada Rabu siang hari dengan pernyataan. Tidak ada perubahan yang diharapkan pada kebijakan moneter AS minggu ini. Juga, Bank of Japan mengadakan pertemuan pada hari Kamis dan Jumat. Diharapkan bahwa BOJ akan mengumumkan paket stimulus kebijakan moneter baru. Sebuah surat kabar Jepang melaporkan pada Selasa bahwa paket stimulus yang akan diumumkan oleh BOJ bukanlah salah satu yang agresif. Kabar ini yang mendorong yen Jepang terhadap dolar AS, yang pada gilirannya akan menekan pasar saham Jepang.

Kunci “outside market” pada Selasa melihat indeks dolar AS lebih lemah dan harga minyak mentah Nymex juga lebih rendah. Minyak mentah berjangka Nymex melayang tepat di bawah $43,00 per barel dan merupakan harga rendah selama tiga bulan saat ini. Saat ini, kekhawatiran tentang pasokan minyak dunia meningkat.

Ada laporan data ekonomi AS penting yang dirilis Selasa. Data tersebut adalah macam-maca data ekonomi dan tidak berdampak signifikan pada pasar logam mulia.

Z

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.