Emas Flat karena Dollar Bergerak Turun

Harga emas tetap, tidak berubah, pada hari Rabu, karena dolar berbalik positif didukung data ekonomi yang melampaui ekspektasi analis, mengurangi selera investor terhadap logam.

Kontrak emas untuk pengiriman Agustus di divisi Comex New York Mercantile Exchange turun sebesar $0,88, atau 0,01% menjadi $1,241.86 per troy ounce.

Emas baru-baru ini melemah setelah melonjak sebanyak 2% pada sesi sebelumnya, karena dolar bounce dari posisi terendah, menyusul rilis data perumahan yang lebih baik dari perkiraan yang mengindikasikan kemungkinan perubahan dalam pembangunan kembali AS.

Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Rabu bahwa perumahan mulai melonjak 8,3 persen ke tingkat tahunan disesuaikan musiman sebanyak 1,22 juta unit, tingkat tertinggi sejak Februari.

Ekonom memperkirakan aktivitas naik ke level 5,8%.

Data yang lebih baik dari perkiraan mendukung pergerakan yang lebih tinggi untuk dolar, mengurangi selera investor akan logam mulia tersebut.

Aset terhadap mata uang dollar seperti emas yang sensitif terhadap pergerakan dolar – Penurunan dalam dolar membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang asing dan dengan demikian, meningkatkan permintaan.

Pembaruan pada kebijakan moneter baik dari Bank of Japan dan European Central Bank (ECB) yang jatuh pada hari Rabu dan Kamis, juga membebani momentum kenaikan harga emas, di tengah ekspektasi bahwa ECB bergerak mendekati kebijakan moneternya yang sangat akomodatif.

Analis memperkirakan bahwa kelemahan dolar akan terus menjadi pendorong utama harga emas, bagaimanapun, menunjuk pada kebijakan moneter yang lebih ketat dan inflasi rendah sebagai potensi kenaikan.

“Kami mengantisipasi harga emas yang cukup tinggi tahun ini dan pada tahun 2018, sebagian besar didasarkan pada kelemahan USD, namun mengharapkan kebijakan moneter yang lebih ketat dan inflasi yang rendah secara global untuk menciptakan rally,” James Steel, Ketua Analis Precious Metals untuk HSBC.

Di logam mulia lainnya, perak berjangka naik 0,17% menjadi $16,295 per troy ounce sementara platinum futures turun 0,65% menjadi $924,25.

Tembaga diperdagangkan pada $2.710, turun 0,75%, sedangkan gas alam turun 0,58% menjadi $3,070.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.