Emas Global Dihadang Data Ekonomi AS -OkezoneEconomy.com-

SINGAPURA – Harga emas global kembali melemah karena pasar masih khawatir bank Sentral Amerika Serikat (AS) akan mulai memangkas stimulus pembelian obligasi. Meski demikian, short-covering bulion ini, menawarkan investor beberapasupport.

Pengusaha AS mempekerjakan lebih banyak pekerja dari yang diharapkan pada November, dan tingkat pengangguran mencapai titik terendah dalam lima tahun sebesar 7 persen. Data-data ini meningkatkan kemungkinan Federal Reserve memangkas stimulus obligasi.

Presiden Fed Chicago, Charles Evans, yang telah menjadi salah satu pendukung yang paling bersemangat dari Program stimulus bank sentral AS mengatakan, the Fed bisa saja memangkas pembelian obligasi bulan ini, meskipun dia lebih memilih untuk menunggu.

Melansir Reuters, Senin (9/12/2013), Spot emas turun USD1,95 atau 0,2 persen menjadi USD1.227,24 per troy ons. Logam mulia ini turun tajam ke posisi terendah lima bulanan, setelah data pekerjaan AS yang kuat. Sementara emas berjangka AS, Comex Gold, untuk pengiriman Desember turun tipis USD2 atau 0,16 persen menajdi USD1.227 per USD.

SPDR Gold Trust, emas terbesar di dunia dana yang diperdagangkan di bursa, mengatakan kepemilikan sahamnya jatuh 3 ton menjadi 835,71 ton pada hari Jumat.

Hedge fund dan manajer investasi menaikkan taruhan bearish mereka dalam emas berjangka. Spekulan beralih pada perak untuk net short, dan untuk pertama kalinya sejak akhir Juni. Impor emas India mungkin jatuh 70 persen pada akhir kuartal IV-2013 dari 255 ton pada periode tahun lalu

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.