Emas Global Dihantam Profit Taking

NEW YORK – Harga emas global jatuh karena rali tajam dalam ekuitas Amerika Serikat (AS), dipicu oleh profit taking setelah bullion sempat naik ke level tertinggi enam bulan pada hari sebelumnya.

Analis mengatakan, meskipun emas mungkin memperpanjang keuntungan dalam jangka pendek karena ketegangan geopolitik dan kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi China, logam ini tengah pullback pada kenaikan baru-baru ini.

“Potensi Koreksi yang terbangun akan semakin tinggi, jika krisis Crimea semakin terkendali,” kata kepala riset komoditas Commerzbank, Eugen Weinberg, dilansir dari Reuters, Selasa (18/3/2014).

Pekan lalu, emas mencatat kenaikan 3 persen, kenaikan mingguan keenam berturut-turut, setelah Rusia mengulangi ancaman untuk menyerang bagian lain dari Ukraina. Rusia tidak menunjukkan tanda-tanda mengindahkan permohonan barat untuk mundur dari konfrontasi Perang Dingin.

Emas jenis spot turun USD10,60 atau setara dengan 0,8 persen menjadi USD1.371,14 per troy ons, setelah sebelumnya mencapai level tertinggi sejak 9 September di USD1.391,76 per USD.

Sementara emas berjangka AS, Comex Gold, untuk pengiriman April menguat USD6,10 atau 0,4 persen ke USD1,372.90 per troy ons, dengan volume perdagangan di bawah rata-rata 30 hari perdagangan.

Kerugian emas terbatas setelah Amerika Serikat dan Uni Eropa menjatuhkan sanksi untuk Rusia, termasuk pembekuan aset dan larangan perjalanan pada sekelompok kecil pejabat dari Rusia dan Ukraina setelah referendum akhir pekan. (sumber: okezone)

(pr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.