Emas Global “Gembira” Rusia Adakan Latihan Perang

NEW YORK – Harga emas global naik ke level tertinggi enam bulanan karena kekhawatiran perlambatan ekonomi di China, kekhawatiran tentang masalah Rusia dengan Ukraina akan mengurangi permintaan untuk aset berisiko dan meningkatkan daya tarik emas.

Ekuitas AS dan tembaga jatuh, setelah data menunjukkan ekonomi China melambat dalam dua bulan pertama tahun ini. Kekhawatiran atas obligasi China dan data ekspor yang lemah awal pekan ini, juga telah memicu kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Emas juga mendapat dukungan, setelah Rusia melakukan latihan militer di dekat perbatasan Ukraina. Rusia nampak tidak menunjukkan tanda-tanda akan mundur dalam rencana untuk mencaplok wilayah Crimea.

“Di tengah kekhawatiran tentang ekonomi China dan ketegangan geopolitik antara Rusia dan Ukraina, emas jelas masih diminati sebagaisafe haven,” kata kepala riset komoditas Commerzbank, Eugen Weinberg, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (14/3/2014).

Emas jenis spot emas naik USD5,16 atau 0,4 persen ke USD1.371,74 per troy ons. Sementara emas berjangka AS, Comex Gold, untuk pengiriman April ditutup naik USD1,90 atau 0,1 persen ke USD1.372,40 per troy ons. Volume perdagangan terjadi cukup tinggi, dengan lebih dari 200.000 lot, atau sekitar 30 persen di atas rata-rata 30 hari perdagangan.

Di antara logam mulia lainnya, perak turun 0,4 persen pada USD21,15 per troy ons, sedangkan platinum naik 0,5 persen menjadi USD1.473,24 per troy ons dan paladium naik 0,5 persen menjadi USD773,47 per troy ons. (Okezone) (Dn)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.