Emas Istirahat Sejenak Setelah Naik 7 Minggu Berturut-turut

Emas berjangka mengalami penurunan pada hari Jumat, hal ini disebabkan akan ketakutan akan isu pembunuhan politisi Jo Cox serta Brexit sehingga diharapkan jadwal referendum yang harusnya minggu depan tersebut ditunda.

Emas untuk pengiriman Agustus turun 0.84% hingga 0.9% atau sekitar $11.60 menetap di $1.286.90 per ons, sedikit guncangan untuk emas setelah 7 minggu mengalami kenaikan.

Aset safe-haven, seperti emas, telah menikmati rally yang cukup kuat baru-baru ini setelah jajak pendapat cenderung  mendukung Brexit. Kamis lalu, emas menetap di level tertinggi sejak 22 Januari 2015 sebagai ‘jawaban’ atas survey Brexit yang mengarah ke persetujuan untuk keluar dari Uni Eropa.

“The Brexit debate will dominate markets in the next week but for now, with the campaign briefly suspended as a mark of respect, this has been taken as a positive for Remain and markets are reacting,” said Richard Perry, market analyst at Hantec Markets, in a note.

Debat Brexit akan mendominasi pasar dalam minggu depan tapi untuk saat ini, dengan adanya kampanye singkat sebagai tanda hormat terhadap politisi Jo Cox, bisa diartikan sebagai sisi positif bagi pasar agar tenang atau menenangkan diri dan siap untuk bereaksi kembali,” kata Richard Perry, analis pasar di Hantec Markets.

Sedangkan untuk logam lainnya, pengaruh Brexit lebih beragam.  Tembaga Juli, naik 0,73% – 1,1% ke $ 2,07 per pon, sedangkan perak untuk Juli , -1,18% turun 1,1% menjadi $ 17,42 per ounce.

(tr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.