Emas Jatuh dari Satu Minggu Ketinggian -Vibiznews-

(Vibiznews-Commodity) Emas berjangka turun dari satu minggu ketinggian dengan terjadinya rally di saham global mengurangi permintaan terhadap metal berharga sebagai alternative investasi.

MSCI dari semua indeks saham dunia melanjutkan rally ke 5 tahun tertinggi setelah pertumbuhan ekonomi Cina mengalami percepatan. Emas sempat naik 3.9 persen dua hari sebelumnya ditengah spekulasi bahwa Federal Reserve akan menunda pengurangan stimulus moneter.

“Orang menginginkan  saham sebagai investasi yang paling menarik, “ kata Michael Smith , presiden T&K Futures & Options di Port St. Lucie, Florida, dalam suatu  interview telepon.”Juga, ada profit- taking setelah rally yang besar di emas,” katanya.

Emas berjangka untuk penyerahan Desember turun 0.6% dan ditutup di $1,314.60 per ons pada 1:38 p.m. di Comex New York. Sebelumnya harga emas sempat mencapai $1,328.90, angka tertinggi untuk kontraqk paling aktif sejak tanggal 8 Oktober.

Emas telah turun 22 persen tahun ini, menjadi penurunan tahunan pertama sejak 2000. Sebagian investor telah kehilangan kepercayaan terhadap metal sebagai penyimpan nilai dengan saham AS rally ke rekor paling tinggi dan inflasi tetap tidak bergerak.

Kasus terhadap kebijakan fiskal AS yang telah menutup pemerintahan selama 16 hari telah memperlambat pertumbuhan ekonomi, kata Presiden Barack Obama kemarin. Narayana Kochherlakota, presiden dari The Fed Minneapolis berkata pembuat kebijakan harus mempertahankan tingkat bunga rendah untuk mengurangi pengangguran, bahkan dengan resiko sementara mendorong inflasi diatas goal bank sentral sebesar 2%. (Vibiznews)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.