Emas Jatuh Di bawah $1,200. Ditengah Naiknya Data AS dan Kuatnya Dollar AS

Harga emas ditutup sangat rendah pada perdagangan AS, mencapai harga terendah selama sembilan bulan dan jatuh di bawah support chart kunci di $1,200.00 pada hari Rabu. Indeks dolar AS yang lebih tinggi hari ini merupakan faktor bearish outside market utama yang bekerja melawan kenaikan pasar logam berharga. Indeks dolar melonjak ke harga tinggi selama 13 tahun hari ini. Penurunan teknikal jangka dekat untuk pasar emas dan perak juga mengundang penjualan berbasis chart. Order sell stop dipicu oleh pasar berjangka emas Comex ketika harga menembus level kunci $1,200.00. Emas Comex Desember terakhir turun $23,50 per ounce pada $1,187.70. Perak Comex Desember terakhir turun $0,262 di $16,37 per ounce.

 

Pesanan barang tahan lama AS pada bulan Oktober naik 4,8%, dibandingkan dengan ekspektasi kenaikan 2,7%. Pembacaan September juga direvisi naik menjadi 4,0%. Hari ini berita barang tahan lama adalah salah satu petunjuk bahwa Federal Reserve memang akan menaikkan suku bunga pada pertemuan FOMC Desember.

Risalah FOMC Federal Reserve dirilis Kamis sore. Risalah tersebut mengandung penilaian optimis ekonomi AS, tetapi pasar melihat itu bukanlah sesuatu yang baru. Sebagian besar pengamat pasar mengharapkan Fed untuk menaikkan suku bunga AS pada bulan Desember.

 

Sementara aktivitas perdagangan di banyak pasar aktif pada Rabu pagi, setelah rilisnya beberapa data ekonomi AS, aktivitas berkurang menjelang liburan Thanksgiving AS pada Kamis, ketika pasar AS ditutup.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.