Emas Jatuh Karena Penguatan Bullish

Harga emas diperdagangkan mendekati stabil di perdagangan AS sore hari Selasa. Beberapa permintaan safe-haven yang ringan telah terlihat di emas awal pekan ini, di tengah gejolak Brexit, pengunduran mengejutkan kepala bank sentral India, dan ancaman penutupan pemerintah AS. Postur grafik teknis untuk emas juga telah berubah bullish baru-baru ini. Sementara itu, harga perak mencapai level tertinggi selama empat minggu hari ini. Emas berjangka Februari terakhir dari $ 0,40 per ons pada $ 1,249.20. Perak Comex Maret naik $ 0,05 menjadi $ 14,655 per ounce.

Indeks saham AS sold off saat midday setelah pertemuan tatap muka yang sangat kontroversial antara Presiden Trump dan para pemimpin DPR dan Senat Demokrat, mengenai keinginan Trump untuk membangun tembok di perbatasan dengan Meksiko. Trump sangat mengancam akan menutup pemerintahan AS kecuali dia mendapatkan jalannya. Harga emas tidak melihat reaksi besar terhadap berita itu.

Pasar saham dunia sebagian besar lebih tinggi dalam semalam. Pasar dunia didorong bahwa panggilan telepon tingkat tinggi terjadi hari Senin antara pejabat perdagangan AS dan pemerintah China. Kedua belah pihak memiliki waktu hingga 1 Maret untuk mencapai kesepakatan perdagangan, atau AS mengancam akan memungut lebih banyak denda perdagangan terhadap China.

Gejolak dan ketidakpastian Brexit mengenai kapan dan bagaimana Inggris akan meninggalkan Uni Eropa masih membuat bursa saham Eropa dan pasar keuangannya sedikit tidak stabil. Perdana Menteri Theresa Mayt hari Senin membatalkan pemungutan suara pada hari Selasa tentang rencana Brexit-nya, yang diperhitungkan akan ditolak. Mata uang Euro dan pound Inggris jatuh karena berita tersebut.

Dalam berita semalam, pasar saham dan keuangan India berputar-putar setelah kepala bank sentral India tiba-tiba berhenti. Rupee India turun tajam karena berita tersebut. Ada juga kemungkinan beberapa permintaan safe haven untuk emas dari India karena berita tersebut.

Laporan indeks harga produsen AS bulan November menunjukkan kenaikan 0,1% dari bulan Oktober, yang hanya sedikit di atas ekspektasi pasar, tetapi masih menunjukkan bahwa inflasi di AS tidak bermasalah. Juga, inflasi di AS sebenarnya sedikit menurun dari musim panas.

Pasar luar utama hari ini melihat indeks dolar AS menguat setelah melihat beberapa tekanan turun semalam. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex sedikit naik setelah tekanan jual terlihat pada hari Senin. Masih belum ada petunjuk teknis awal bahwa pasar minyak mentah mendekati market bottom.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.