Emas Jatuh ke Harga Terendah Selama 10 Bulan karena Menguatnya Dollar AS

Harga emas mengakhiri sesi perdagangan AS dengan melemah tajam dan jatuh ke harga terendah selama 10 bulan hari Kamis. Harga perak juga melemah tajam dan menyentuh harga terendah selama 8 bulan. Rally kuat indeks dolar AS dan hawkish Federal Reserve berdampak negatif terhadap kedua logam. Emas Comex Februari terakhir turun $32,90 per ounce pada $1,130.50. Perak Comex Maret terakhir turun $1,191 di $16,03 per ounce.

Fitur di pasar dunia hari Kamis adalah melonjaknya indeks dollar AS ke harga tertinggi selama 13 tahun. Greenback mendapatkan manfaat dari kenaikan suku bunga AS hari Rabu yang disertai dengan nada hawkish mengejutkan untuk kebijakan moneter dari Federal Reserve. Saat ini sudah ada pembicaraan bahwa The Fed bisa menaikkan suku bunga hingga tiga kali pada tahun 2017.

Korban dari apresiasi tajam dolar AS adalah pasar komoditas mentah yang dihargakan dalam dolar AS di pasar dunia, termasuk emas dan perak. Meningkatnya nilai dolar AS terhadap mata uang dunia lainnya membuat harga komoditas dalam dolar lebih mahal jika dibeli di luar mata uang AS.

Kunci outside market lainnya pada hari Kamis melihat harga minyak mentah diperdagangkan hampir stabil pada perdagangan sore. Kenaikan harga minyak terlihat lemah setelah harga naik ke posisi tertinggi selama 16 bulan pada awal pekan ini.


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.