Emas Lebih Tinggi karena Outside Market yang Bullish

Harga emas ditutup cukup tinggi hari Kamis, didukung oleh indeks dolar AS dan indeks saham AS yang lebih rendah pada hari ini. Grafik teknis untuk emas dan perak juga tetap di area bullish, karena kedua pasar berada di uptrends jangka pendek. Emas Comex April terakhir naik $8,50 per ounce pada $1,241.50. Perak Comex Maret terakhir naik $0,122 di $18,085 per ounce.

Pasar ekuitas global kebanyakan melemah hari Kamis, karena kemunduran korektif dari kenaikan baru-baru ini yang membuat banyak indeks saham berada di atau dekat dengan rekor atau multi-tahunan tertinggi. Indeks saham AS juga lebih rendah dalam perdagangan sore. Jeda dalam perdagangan pasar saham dunia hari Kamis adalah elemen positif untuk aset bersaing, safe haven emas.

Fitur utama di pasar minggu ini adalah meningkatnya hasil obligasi pemerintah dunia, di tengah data ekonomi optimis yang datang dari AS dan hawkish yang dirasakan untuk kebijakan moneter dari Ketua Federal Reserve Janet Yellen dalam komentarnya kepada Kongres AS pekan ini. Hasil obligasi ini sedikit menurun pada hari Kamis. Namun, meningkatnya ekspektasi inflasi di seluruh dunia cenderung melihat hasil obligasi pemerintah dunia terus lebih tinggi dalam beberapa bulan mendatang.

Kunci “outside market” pada Kamis sore melihat perdagangan indeks dolar AS lebih rendah karena koreksi downside dari kenaikan baru-baru ini yang melihat harga mencapai harga tertinggi selama tiga pekan hari Rabu. Bullish untuk greenback masih memiliki keseluruhan keuntungan teknis jangka pendek. Sementara itu, harga minyak mentah berjangka Nymex lebih lemah hari Kamis sore.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.