Emas Melemah karena Data Pekerjaan AS Meningkat

Harga emas melemah pada perdagangan awal AS pada hari Jumat, tertekan oleh laporan ketenagakerjaan AS yang optimis yang terpengaruh oleh kebijakan moneter hawkish AS. Emas Comex Desember terakhir turun $7,00 per ounce di $1,267.20. Emas Comex September turun $0,07 pada $16,56 per ounce.

Laporan ketenagakerjaan AS bulan Juli yang baru saja dirilis dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan peningkatan 209.000 pekerjaan non-farm. Perkiraan angka payrolls pada 180.000. Upah per bulan dari laporan pekerjaan Juli naik 0,34%, yang sedikit lebih tinggi dari ekspektasi. Pembacaan inflasi upah yang lebih rendah dari perkiraan akan mendorong gagasan tentang tekanan inflasi yang masih sangat rendah.

Indeks dolar AS menguat menyusul laporan pekerjaan, yang merupakan elemen harian bearish untuk pasar logam mulia. Indeks awal pekan ini mencapai level terendahnya selama 13 bulan. Namun, keseluruhan postur terkini dari indeks dolar dan mata uang Euro adalah faktor bullish untuk pasar logam mulia (indeks dolar dalam tren turun dan Euro dalam tren naik).

Indeks saham AS rally sederhana karena data pekerjaan, sementara pasar berjangka T-Bonds dan T-Notes di AS terjual habis.

Minyak mentah berjangka Nymex lebih rendah di awal perdagangan Jumat dan diperdagangkan di sekitar $48,50 per barel. Pengamat pasar minyak menanti pertemuan OPEC minggu depan di Abu Dhabi. Banyak yang percaya beberapa anggota OPEC menipu kuota produksi mereka, dan pertemuan tersebut akan membahas masalah ini.

Data ekonomi AS lainnya yang akan dirilis pada hari Jumat mencakup laporan perdagangan internasional.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.