Emas Melemah Sebelum Liburan Thanksgiving AS

Saat pasar AS dibuka pada Rabu pagi, banyak pedagang dan pengamat pasar yang bersantai, mengingat seperti yang lalu-lalu bahwa perdagangan hari Rabu akan tenang menjelang liburan Thanksgiving AS, Kamis. Namun, laporan pesanan barang tahan lama AS yang rilis lebih kuat dari perkiraan, mengguncang banyak pasar, termasuk emas, mata uang, dan pasar obligasi.

Pesanan barang tahan lama AS pada bulan Oktober naik 4,8%, dibandingkan dengan ekspektasi kenaikan 2,7%. Pembacaan September juga direvisi naik menjadi 4,0%. Berita pesanan barang tahan lama hari ini adalah salah satu petunjuk kuat bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada yang pertemuan FOMC Desember.

Indeks dolar AS, yang merupakan enam mata uang utama dunia yang dipengaruhi oleh greenback, naik ke harga tinggi baru selama 13 tahun pagi ini, sementara obligasi Treasury AS dan catatan harga futures jatuh ke posisi kontrak baru terendah segera setelah rilis berita persanan barang tahan lama.

Harga emas turun ke level terendah selama sembilan bulan di $1,188.30, untuk Comex berjangka Desember. Rally kuat dalam indeks dolar AS terus membuat pasar emas semakin terpuruk – meskipun kunci outside market lainnya – minyak mentah – melihat reli di beberapa sesi perdagangan terakhir. Emas berjangka Desember terakhir turun $20,00 per ounce pada $1,191.00.

Indeks saham AS memperhatikan data ekonomi AS yang dirilis pada Rabu pagi, dan diperdagangkan lemah karena profit taking dari kenaikan baru-baru ini yang melihat indeks utama AS mencapai rekor tertinggi pada Selasa. Ekuitas AS mendapat keuntungan selama dua minggu terakhir pada apa yang disebut sebagai “efek Trump.”

Z

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.