Emas Melemah, Tapi Tekanan Jual Menurun

Harga emas hanya sedikit lebih rendah pada perdagangan sore di AS hari Kamis. Sejak awal, harga turun ke level terendah selama lima bulan lainnya. Tampaknya bearish jangka pendek sudah bosan di pasar emas dan perak, karena tekanan penjualan menurun secara signifikan. Namun, dolar AS yang kuat terus memberikan bayangan bearish atas pasar logam mulia. Emas berjangka Comex Juni terakhir turun $1,30 per ounce pada $1,290.20. Perak Comex Juli terakhir naik $0,124 pada $16,495 per ounce.

Negatif lainnya untuk pasar emas dan perak adalah pedagang yang relatif optimis dan sikap investor saat ini di pasar, sebagaimana dibuktikan oleh pasar saham dunia yang umumnya rally. Namun, setidaknya ada beberapa awan badai yang terbentuk di cakrawala, berkaitan dengan front geopolitik. Dan awan badai itu bisa segera datang untuk menyelamatkan pasar safe-haven emas dan perak.

Pasar Eropa agak khawatir tentang Italia dan gagasan bahwa negara dapat mengancam untuk menarik diri dari blok zona euro jika Uni Eropa tidak menghapus sebagian dari hutang keuangannya yang besar kepada blok tersebut. Situasi ini hanya akan menambah tekanan jual yang terjadi baru-baru ini terhadap mata uang Euro, dan pada gilirannya menjadi elemen bullish untuk dolar AS yang melonjak. Namun, Uni Eropa yang tidak stabil akan menyukai emas karena risk aversion yang lebih tinggi.

Juga, terungkap jelas hubungan singkat antara AS dan Korea Utara mengenai janji Korea Utara untuk “de-nuclearize” dapat menghasilkan kecemasan pedagang dan investor dalam beberapa minggu mendatang.

Pasar emas membutuhkan booster dari berita bullish, dan sejarah menunjukkan pasar dunia tidak akan tetap tenang tanpa batas.

Pertemuan perdagangan AS dengan China di Washington, D.C., dimulai hari ini. Juga, kesepakatan tentang perdagangan NAFTA yang diperbarui antara AS, Kanada, dan Meksiko kemungkinan tidak akan diumumkan akhir pekan ini, seperti yang diharapkan oleh administrasi Trump akan terjadi.

Kunci “outside market” hari ini melihat harga minyak mentah Nymex lebih tinggi dan mencapai level tertinggi selama 3,5 tahun di atas $72,00 per barel. Harga minyak mentah Brent berjangka terdorong di atas $80,00 per barel hari ini. Sementara itu, indeks dolar AS menguat dan melayang di dekat level tertinggi selama lima bulan minggu ini.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*