Emas Melihat Minat Pembeli Yang Sedikit karena Pasar Luar yang Bearish

Harga emas dan perak diperdagangkan hampir stabil di perdagangan sore hari Kamis. Harga naik di posisi terendah harian karena indeks dolar AS mundur dari level tertinggi hariannya. Namun, greenback telah menguat tajam minggu ini dan mencapai level tertingginya selama empat minggu semalam. Dikombinasikan dengan harga minyak mentah yang turun tajam hari ini, dua pasar penting ini bekerja untuk membatasi minat beli di pasar logam mulia. Emas berjangka April terakhir turun $ 0,10 per ons pada $ 1,314.30. Perak Comex March terakhir turun $ 0,001 menjadi $ 15,70 per ounce.

Dolar AS telah terapresiasi minggu ini menyusul laporan pekerjaan AS yang kuat yang dikeluarkan Jumat lalu, yang kontras dengan beberapa data ekonomi suram yang berasal dari ekonomi utama lainnya baru-baru ini. Baru minggu lalu USDX menyentuh level terendahnya selama tiga minggu. Pasar luar utama lainnya hari ini terlihat menurun tajam dan harga minyak mentah Nymex diperdagangkan tepat di atas $ 52,00 per barel. Akan sulit bagi logam dan pasar komoditas mentah lainnya untuk mempertahankan tren harga jika pasar minyak mulai ter-erosi secara signifikan lagi.

Pasar China dan beberapa pasar Asia lainnya telah ditutup untuk liburan Tahun Baru Imlek, yang membuat munculnya sub-trading di banyak pasar dunia minggu ini.

Ada lebih banyak berita ekonomi suram yang keluar dari Uni Eropa, ekonomi terbesar ketiga di dunia. EU’s European Commission memangkas perkiraan pertumbuhan untuk zona Euro menjadi 1,3% pada 2019, yang jauh dari perkiraan tingkat pertumbuhan 1,9% pada November. Laporan itu menyalahkan perang dagang AS-China atas laju pertumbuhan yang lebih lambat. Laporan ini juga menurunkan ekspektasi inflasi zona Euro, menjadi 1,4% pada 2019 dan 1,5% pada 2020. Di Jerman, output industri pada Desember turun 0,4% dari November ketika kenaikan 0,8% diharapkan.

Bank of England mengadakan pertemuan kebijakan moneter reguler hari ini, tetapi tidak ada perubahan yang dibuat dan tidak ada yang diharapkan.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.