Emas Melihat Sedikit Kenaikan karena Trump Keluar Dari Perjanjian Nuklir dengan Iran

Harga emas melihat rally sederhana pada perdagangan sore AS hari Selasa, ketika Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa AS keluar dari perjanjian 2015 dengan Iran mengenai negara yang menghentikan program senjata nuklirnya. Namun, harga turun sedikit dari sesi tertingginya setelah Trump memulai pidatonya. Namun, harga emas sedikit di atas dari harga sebelumnya tepat sebelum pengumuman Trump. Emas berjangka Comex Juni terakhir naik sebesar $2,40 per ounce pada $1,316.50. Perak Comex Juli terakhir naik $0,035 pada $16,535 per ounce.

 

 

Sebagian besar pengamat pasar percaya bahwa AS tidak akan memperbarui kesepakatan dengan Iran untuk membatasi pengembangan senjata nuklirnya. Yang mengejutkan adalah bahwa tampaknya Trump tidak membuat ruang untuk bernegosiasi dengan Iran mengenai masalah ini – merupakan pendekatan yang keras dari yang diharapkan oleh sebagian pengamat pasar. Perjanjian nuklir Iran berakhir hari Sabtu. AS menarik diri dari perjanjian dan sanksi terhadap Iran yang diterapkan kembali dan menyuntikkan ketidakpastian baru ke Timur Tengah yang sudah tidak stabil. Hal tersebut merupakan elemen bullish untuk emas safe-haven.

Sangat penting bagi bullish pasar emas untuk menjaga logam mulia mereka di atas support grafik di $1,300.00. Penurunan di bawah level kunci itu akan memicu sell stop order di pasar berjangka, yang kemungkinan akan membantu memicu penurunan harga yang solid.

“Outside market” hari ini melihat harga minyak mentah turun karena aksi profit taking setelah mencapai level tertingginya selama 3,5 tahun di atas $70,00 pada hari Senin. Namun, harga naik dari posisi terendah hariannya setelah pengumuman dari Trump tentang Iran.

Sementara itu, indeks dolar AS lebih tinggi dan mencapai level tertingginya selama 4,5 bulan semalam. Indeks berada dalam tren harga naik dan bullish pada greenback memiliki kekuatan teknis untuk menunjukkan kenaikan yang lebih tinggi lagi dalam waktu dekat.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.