Emas Melonjak ke Level Tertinggi Selama 6 Minggu karena Nada Dovish Fed terhadap Inflasi

Harga emas melonjak ke level tertinggi dalam enam minggu di perdagangan Eropa pada hari Kamis, setelah kata-kata Federal Reserve yang lebih berhati-hati pada prospek inflasi AS sehingga menambah ekspektasi bahwa pengetatan kebijakan akan sangat glasial.

Emas berjangka Comex berada di $1.262.82 per troy ounce pada pukul 03:00 ET (0700GMT), naik $13,60, atau sekitar 1,1%. Menyentuh level tertinggi sejak 15 Juni di $1,265.14 di awal sesi.

Harga emas turun untuk sesi ketiga berturut-turut pada hari Rabu, sebelum berbalik menguat dalam perdagangan pasca-penyelesaian karena dolar AS melemah seiring dengan pernyataan kebijakan dovish Fed.

Sementara Fed mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan akan mulai mengurangi kepemilikan obligasi secara besar-besaran “dengan segera”, bank sentral juga mencatat kelemahan inflasi AS lebih eksplisit dari sebelumnya.

Pengakuan inflasi lunak menambah harapan bahwa rencana Fed menaikkan suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini mungkin tertunda.

Menurut Investing.com Fed Rate Monitor Tool, keyakinan kenaikan suku bunga selanjutnya sebelum akhir tahun ini telah memudar, dengan kurang dari 40% pelaku pasar mengharapkan pergerakan lain pada bulan Desember.

Logam mulia sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS, yang mengangkat opportunity cost untuk kepemilikan aset yang tidak menghasilkan seperti bullion.

Indeks dolar jatuh ke level terendahnya selama 13 bulan, sementara imbal hasil Treasury turun, karena investor bertaruh bahwa pengetatan kebijakan AS akan sangat glasial.

Pedagang akan melihat data dari AS yang akan rilis segera pada sesi ini untuk mengukur kekuatan ekonomi terbesar di dunia dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi pandangan Fed mengenai kebijakan moneter.

Barang tahan lama dan klaim pengangguran mingguan dijadwalkan rilis pada pukul 8:30 ET (1230GMT).

Berita utama yang keluar dari Washington akan menjadi fokus pasar, di mana Senat diharapkan terus berupaya untuk mencabut Obamacare.

Di tempat lain di Comex, perak berjangka rally 21,6 sen atau sekitar 1,3% menjadi $16,67 per troy ounce, naik menjadi $16,73, level yang tidak terlihat sejak 29 Juni.

Di antara logam mulia lainnya, platinum naik 1% pada $931,80, sementara paladium menambahkan 0,5% menjadi $867,05 per ounce.

Sementara itu, tembaga berjangka bertahan di level tertingginya selama lebih dari dua tahun, di tengah pembicaraan bahwa China mungkin akan melarang impor beberapa logam bekas pada akhir 2018 nanti.

 

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.