Emas Mendapatkan Sedikit Bantuan dari Laporan ADP

Harga emas mengakhiri sesi pagi perdagangan AS dengan kenaikan sederhana pada hari Kamis. Angka pekerjaan ADP AS yang sedikit suram bekerja membantu pasar logam mulia hanya sedikit hari ini. Kunci “outside market” juga berada dalam posisi bullish untuk logam, karena indeks dolar AS melemah tajam dan harga minyak mentah lebih tinggi. Emas Comex August terakhir naik $1,80 per ounce di $1,223.40. Perak Comex September naik $0,079 pada $15,975 per ounce.

Laporan ketenagakerjaan nasional ADP, yang merupakan pendahulu laporan yang lebih penting yaitu laporan Ketenagakerjaan Buruh yang rilis pada hari Jumat pagi, menunjukkan jumlah pekerjaan naik 158.000 di bulan Juni, sedikit menurun dari perkiraan. Pembacaan pekerjaan ADP diharapkan naik hingga 180.000. Jumlah pekerjaan non-farm adalah laporan pekerjaan yang rilis pagi hari Jumat juga diperkirakan akan meningkat sekitar 180.000 di bulan Juni. Pasar bisa menjadi tidak stabil setelah laporan pekerjaan Jumat pagi, karena ini merupakan laporan ekonomi AS yang paling penting di bulan ini.

Geopolitik dunia kembali memanasi pasar minggu ini, dan itu hanya memberikan sedikit permintaan safe-haven untuk emas. Korea Utara sekarang memiliki rudal balistik antar benua yang bisa mencapai Alaska atau Hawaii. Presiden Trump mengatakan dia akan berurusan dengan Korea Utara tapi sejauh ini belum berbuat banyak. Pilihan Trump sangat terbatas, kurangnya tindakan militer langsung bisa membahayakan puluhan ribu orang, termasuk ribuan tentara AS yang ditempatkan di Korea Selatan. Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin akhir pekan ini bertemu tatap muka untuk pertama kalinya.

Kunci “outside market” pada hari Kamis melihat harga minyak mentah Nymex berjangka lebih tinggi karena tingkat koreksi yang baik dari kerugian yang diderita pada hari Rabu lalu. Penurunan pasar minyak masih memiliki keunggulan teknis jangka pendek secara keseluruhan. Sementara itu, indeks dolar AS lebih rendah hari ini dan saham greenback memiliki keunggulan teknis jangka pendek keseluruhan. Kenaikan logam mulia sudah mulai melambat karena indeks dolar AS yang bergerak turun dalam beberapa pekan terakhir tidak memberikan banyak dorongan naik untuk harga logam.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.