Emas Mendekati Stabil Di Perdagangan Akhir AS, Namun Kerugian Semalam Dihapus

Harga emas dan perak stabil hingga sedikit lebih rendah di perdagangan sore AS hari Kamis, dan menghilangkan kerugian semalam setelah beberapa data ekonomi AS yang suram sesaat setelah pasar berjangka dibuka. Kedua logam itu mencapai posisi terendah selama dua minggu dalam perdagangan semalam. Dolar AS yang kuat minggu ini menjaga bullish pasar logam mulia. Emas berjangka April terakhir turun $ 0,80 per ons pada $ 1,314.20. Perak Comex Maret terakhir turun $ 0,102 pada $ 15,55 per ounce.

Dalam laporan suram yang mengejutkan, penjualan ritel AS untuk Desember turun 1,2% dari November, yang lebih lemah dari kenaikan 0,1% yang diharapkan. Angka itu adalah penurunan bulanan paling curam dalam 10 tahun. Sementara itu, laporan indeks harga produsen AS untuk Januari menunjukkan penurunan 0,1%. Kenaikan 0,1% diharapkan. Ini melanjutkan serangkaian data inflasi yang tidak bermasalah yang berasal dari ekonomi utama dunia. Dan klaim pengangguran mingguan naik 4.000. Semua data AS hari ini bermain di kebijakan dovish moneter AS, yang ingin melihat Fed untuk menunda kenaikan suku bunga, dan mungkin bahkan menurunkannya sedikit pada tahun 2019. Data tersebut mendukung pasar logam mulia dan menjatuhkan dolar AS dari level tertinggi hariannya.

Namun, selera risiko pedagang dan investor di pasar minggu ini umumnya tetap optimis. Indeks saham AS memegang sedikit kenaikan pada tengah hari dan dekat level tertinggi selama 2,5 bulan minggu ini. Hal itu adalah bearish untuk logam safe haven.

Pembicaraan perdagangan tingkat tinggi AS-China yang berlangsung di Beijing tetap menjadi prioritas utama. Sekretaris Perbendaharaan AS Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS Lighthizer dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam diskusi hari ini dan Jumat. Presiden Tiongkok Xi Jinping dapat bertemu dengan delegasi AS pada hari Jumat, sebagai wujud niat baik. Presiden Trump pada hari Rabu mengatakan perundingan berjalan “sangat baik.” Reli di pasar saham dunia baru-baru ini sebagian karena optimisme AS dan China akan mencapai setidaknya kesepakatan terbatas pada batas waktu 1 Maret yang ditetapkan oleh AS.

Pasar juga telah diredakan minggu ini oleh kemungkinan bahwa Trump akan menandatangani kompromi anggaran AS antara Demokrat dan Republik, meskipun dalam perjanjian tidak ada banyak uang yang dialokasikan untuk dinding perbatasan dengan Meksiko.

Pasar luar utama lainnya hari ini melihat harga minyak mentah Nymex menguat dan diperdagangkan di sekitar $ 54,25 per barel. Pasar minyak diperdagangkan sideways selama dua minggu, karena resisten pada grafik yang kaku dan tepat di atas $ 55,00 telah menghentikan tren naik.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.