Emas Menguat di Perdagangan yang Tenang

Harga emas ditutup sedikit lebih tinggi pada sesi perdagangan AS. Short covering di pasar berjangka dan bargain hunting di pasar tunai adalah yang terjadi setelah harga menyentuh harga terendah selama 10 bulan pekan lalu. Emas Comex Februari terakhir naik $4,60 per ounce pada $1,138.20. Perak Comex Maret terakhir naik $0,191 pada $15,95 per ounce.

Harga emas memang kembali turun dari harga tertinggi hariannya setelah data ekonomi AS dirilis lebih kuat dari yang diperkirakan. Pembacaan indeks kepercayaan konsumen untuk Desember datang di 113,7 dibandingkan 109,4 pada bulan November. Jumlah Desember merupakan yang tertinggi dalam lebih dari 15 tahun. Survei bisnis Richmond Fed juga mengalahkan ekspektasi pasar.

Pasar saham global ada yang melemah dan menguat dalam perdagangan yang tenang. Pasar London tetap tertutup hari Selasa untuk liburan Natal. Tidak ada berita utama yang dapat menggerakkan pasar semalam. Trader logam mulia mencari masukan fundamental baru untuk mendorong harga pasar.

Kunci “outside market” hari Selasa melihat harga minyak mentah Nymex diperdagangkan lebih tinggi. Pengamat pasar minyak sedang menunggu untuk melihat apakah OPEC dan produsen minyak Rusia dapat menepati kesepakatan mereka untuk mengurangi produksi. Rencana tersebut mulai berlaku pada 1 Januari. Kenaikan minyak mentah Nymex sedikit berjuang karena harga sudah di atas $50,00 per barel. Sementara itu, indeks dolar AS sedikit lebih tinggi dan perdagangan tidak jauh di bawah harga hinggi 13 tahun terakhir. Greenback yang kuat telah menjadi faktor bearish untuk pasar logam mulia baru-baru ini.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.